Inilah Tata Cara dan Niat Puasa Senin Kamis Sesuai Sunnah

Diposting pada

Bagaimanakah tata cara dan niat puasa senin kamis sesuai sunnah? Hal penting untuk mengetahuinya saat akan menerapkannya di rumah. Berikut ulasan lengkapnya.

Tata cara dan niat puasa senin kamis sesuai sunnah. Puasa senin kamis adalah salah satu puasa sunnah yang banyak dijalankan masyarakat. Puasa ini diutamakan karena Rasulullah selalu mengerjakannya dan dibukanya pintu surga, sebagaimana yang tertulis dalam HR. Muslim. Kiranya, orang-orang yang menjalankan mendapatkan kemudahan dalam sisa hidupnya, amin.

Inilah Tata Cara dan Niat Puasa Senin Kamis Sesuai Sunnah

Tata Cara Berpuasa Senin-Kamis

Sebelum mengamalkan puasa Senin-Kamis bersama keluarga, ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara menjalankannya. Informasinya, dapat diketahui di bagian berikut ini,

1. Niat

Hal yang pertama dan harus dimilikki adalah melakukan niat. Niat untuk berpuasa pada Senin Kamis ada bainya dilakukan di malam hari. Sedangkan jika terlupa, boleh dilakukan di pagi hari. Dengan catatan, anda belum mengonsumsi apapun atau tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

2. Makan Sahur

Sama seperti puasa lainnya, anda disunnahkan untuk makan sahur. Namun jika tidak dilakukan, tidak akan menjadi penyebab batalnya puasa. Sedangkan jika dilakukan, akan menambahkan keberkahan dan pahala untuk yang melakukannya. Karenanya, jika memiliki kesempatan untuk sahur, disarankan untuk menjalankan sahur, sebelum anda menjalankan puasa sunnah ini.

3. Menahan Nafsu

Berikutnya adalah bagian yang sama dengan puasa lainnya, yaitu anda harus menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Waktunya sama seperti puasa biasa, yaitu sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, seperti bohong, maksiat dan ghibat, harus dihindarkan selama menjalankan puasa Senin-Kamis.

4. Berbuka

Terakhir, waktunya untuk berbuka puasa. Berbuka puasa dilakukan pada saat matahari terbenam. Jika di Indonesia, biasanya dilakukan pada saat adzan maghrib. Menyegerakan berbuka puasa adalah salah satu sunnah puasa. Jadi, jangan tungggu lama-lama untuk berbuka puasa jika waktu yangnya telah tiba.

Itulah beberapa tata cara untuk menjalankan puasa senin kamis sesuai sunnah. Lantas, bagaimanakah doa niat untuk menjalankan puasa ini? Penjelasan mengenai niat puasa senin kamis, akan dijelaskan dibagian berikutnya.

Niat Puasa Senin Kamis Sesuai Sunnah

Keberadaan niat puasa sebenarnya, ada dalam hati. Namun melafalkan niat bermaksud untuk membantu hati menghadirkan niat. Niat untuk puasa senin kamis terbagi menjadi dua, yaitu niat puasa senin dan niat puasa kamis. Berikut ulasannya,

1. Niat Puasa Senin dan Artinya

Anda dapat melafalkan doa ini pada saat malam hari atau pada pagi hari setelah bangun tidur dan makan sahur. Jika malamnya sudah dilakukan niat dan terlupa untuk sahur, puasa tetap dapat dilanjutkan, adapun doa yang dimaksud, seperti berikut

“Nawaitu Shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa”

Doa ini memiliki arti, saya niat puasa sunnah hari senin, sunnah karena Allah Ta’aalaa.

2. Niat Puasa Hari Kamis

Sebenarnya, doa niat untuk hari kamis dan senin tidaklah berbeda jauh. Karena yang perlu dirubah hanyalah kapan hari anda menjalankan puasa. Untuk lebih jelasnya, berikut doa niat yang dimaksud

“Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta’aalaa.”

Doa ini berarti, saya niat puasa sunnah hari kamis, sunnah karena Allah Ta’ala.

Seperti yang telah dijelaskan, niatan dapat disampaikan di malam ataupun pagi hari. Satu yang terpenting setelah menyampaikan niat puasa senin kamis sesuai sunnah adalah menjaga adab atau tingkah laku selama berpuasa. Sehingga puasa anda dapat diterima oleh Allah dan dilancarkan segala sesuatunya dalam kehidupan di dunia. Amin.