Jenis Desain Kalender untuk Dijual

Diposting pada

Kalender merupakan penunjuk waktu berupa tanggal dan bulan. Setiap orang membutuhkan kalender untuk membantu menunjukkan waktu pada saat itu. Kalender bisa diperoleh dari percetakan. Semakin lama kebutuhan kalender semakin meningkat, mulai kebutuhan individu sampai kebutuhan kantor. Untuk memenuhi kebutuhan kalender, banyak pihak yang mulai mencetak kalender dengan desain kalender yang berbeda-beda dan unik. Keunikan inilah yang dicari oleh para pelanggan ketika ingin mencetak kalender.

Deskripsi Masing-Masing Desain Kalender

Kreativitas orang semakin lama semakin meningkat. Teknologi yang ada juga semakin bervariasi. Produksi kalender saat ini bisa dibuat bermacam-macam dan beragam jenis desain kalender usaha. Desain ini meliputi visual, bahan yang digunakan, dan ukuran.

Apabila mempunyai fasilitas untuk mencetak kalender dan kemampuan dalam melakukan desain kalender, hal ini merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan dengan optimal. Jika masih bingung, berikut merupakan beberapa contoh jenis kalender yang bisa dijadikan referensi dalam produksi kalender.

1. Kalender dinding setiap bulan

Kalender dengan desain kalender ini sering ditemui. Kalender dinding setiap bulan memiliki 12 lembar halaman dengan masing-masing halaman menunjukkan 12 bulan dalam setahun. Dalam setiap bulannya, biasanya juga terdapat gambar yang unik di atas bulan. Jika kalender merupakan pesanan suatu instansi, gambar yang dicantumkan biasanya berhubungan dengan instansi tersebut, misalnya logo, profil perusahaan, dan sebagainya.

Ukuran kalender dinding setiap bulan lebih kecil dibandingkan dengan kalender pada umumnya, yaitu sekitar 20×35 cm. Bentuk kalender dengan ukuran ini sangat minimalis. Dengan desain kalender ini, tampilan ruangan juga menjadi lebih indah. Penempatan kalender ini sangat sesuai untuk ruangan yang kecil sehingga tidak menghabiskan banyak ruang di dinding.

2. Kalender dinding isi beberapa bulan

Berbeda dengan kalender dinding setiap bulan, kalender ini memiliki jumlah halaman yang lebih sedikit. Dalam setiap lembarnya memuat lebih dari 1 bulan, mulai dari 2 bulan sampai 4 bulan. Desain kalender jenis ini lebih sering dipesan oleh organisasi agama seperti gereja atau masjid. Tidak hanya organisasi agama, beberapa toko juga suka memesan kalender jenis isi beberapa bulan. Dengan jumlah yang lebih banyak dalam setiap lembarnya, tidak akan merepotkan karena tidak perlu mengganti setiap bulannya.

Dalam segi ukuran, kalender dinding isi beberapa bulan lebih besar. Ukuran kalender ini biasanya 32×48 cm. Dalam produksinya, biasanya digunakan kertas yang sedikit tipis dan dijilid dengan jilid spiral. Di antara jilid tersebut terdapat jepitan yang berfungsi untuk menggantung kalender di dinding.

3. Kalender dinding 12 bulan

Desain kalender lainnya adalah kalender dinding 12 bulan. Sesuai namanya, kalender ini memuat 12 bulan dalam 1 halaman. Gambar yang dimuat dalam kalender bisa beragam, menyesuaikan dengan pesanan yang ada. Dalam membuka usaha produksi kalender jenis ini, desain dalam kalender bisa dibuat berbeda-beda asalkan unik. Selain menjual kalender, usaha produksi kalender juga menjual desain yang dibuat.

Ukuran untuk desain kalender dinding 12 bulan lebih besar karena memuat 12 bulan dan tidak boleh dicetak dalam tulisan yang terlalu kecil. Ukuran kalender dinding 12 bulan ini biasanya 32×48 cm. Percetakan kalender dinding 12 bulan pastinya membutuhkan biaya produksi yang lebih kecil. Biaya yang kecil ini membuat harga jual kalender dinding 12 bulan lebih murah.

4. Kalender duduk

Jika memiliki ruang kantor yang kecil atau terbatas pada meja kantor saja, manfaatkan kalender duduk. Kalender duduk sangat bermanfaat bagi orang-orang yang bekerja kantoran. Desain kalender duduk bisa dipesan sesuai kemauan, Dalam usaha produksi kalender duduk, bisa ditawarkan menggunakan desain yang telah disediakan atau menggunakan desain permintaan seperti foto atau gambar lain. Gambar ini akan dicetak di balik setiap lembar kalender.

Jumlah halaman yang dicetak bisa menyesuaikan kebutuhan. Dalam setiap halaman bisa dibuat memuat 1 bulan, 2 bulan, atau 6 bulan. Permintaan lain yang bisa diminta ke produsen kalender adalah letak bulan yang akan dicetak. Kalender yang dicetak bisa bolak balik atau tidak. Jika tidak bolak balik, maka pemesan juga bisa memesan apakah dibalik halaman bulan dicetak gambar atau tidak. Harganya akan berbeda tergantung dengan desain kalender yang diminta.

Kalender duduk juga bisa dijadikan suvenir atau undangan pernikahan. Kalender duduk biasanya dijilid dengan jilid spiral. Kertas yang digunakan juga bisa berbeda-beda.

5. Kalender 12 bulan HVS / Kwarto

Percetakan kalender tidak hanya dilakukan di percetakan. Pemilik printer bisa mencetak kalendernya sendiri. Untuk mencetak kalender sendiri, ukuran kalender dan desain bisa sesuka hati. Namun, untuk kertas yang digunakan sebaiknya menggunakan kertas yang berkualitas tinggi seperti kwarto. Kertas HVS juga bisa digunakan meskipun terdapat beberapa kelemahan seperti mudah sobek terutama jika kalender sangat berwarna. Penggunaan printer untuk mencetak kalender juga perlu dipertimbangkan karena kualitas masing-masing merk printer berbeda dan dapat berpengaruh dalam menghasilkan kalender.

Jika percetakan dengan printer ditujukan untuk komersil, harganya bisa menyesuaikan dengan jenis kertas yang digunakan dan banyak warna dalam desain. Hal yang perlu diperhatikan saat mencetak kalender dengan printer adalah frekuensi saat mencetak. Jangan terlalu sering dalam mencetak kalender karena setiap printer memiliki batas kemampuan dalam mencetak sebelum mencapai kondisi printer rusak.

Itulah jenis desain kalender yang bisa dijual kepada pelanggan. Semakin baik kualitas suatu kalender, semakin puas pelanggan yang memesannya. Tidak hanya kualitas, harga juga bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan. Itulah sebabnya diperlukan survei sebelum membuka produksi kalender.