Kode Bank, Biaya Transfer dan Cara Transfer BCA ke Mandiri via ATM

Diposting pada

Untuk transfer ke bank berbeda, ada hal tertentu seperti kode bank dan biaya transfernya. Berikut ini adalah cara transfer BCA ke Mandiri yang Harus Anda ketahui.

Melakukan transaksi finansial antar bank seperti transfer BCA ke Mandiri via ATM semakin mudah. Dengan adanya layanan transfer uang antar bank melalui ATM ini, nasabah jadi tidak perlu datang ke bank secara langsung dan mengantre di teller untuk bisa melakukan transaksi antar bank.

Transaksi finansial memang tidak selalu dilakukan antar bank. Ada kalanya nasabah juga harus melakukan transaksi antar bank. Untuk melakukan transaksi antar bank, Anda pun sudah tidak perlu datang langsung ke bank. Anda bisa melakukan transfer melalui ATM. Prosesnya pun lebih mudah dan cepat.

Sebelum melakukan transaksi antar bank, seperti melakukan transfer BCA ke Mandiri via ATM, Anda juga harus mengetahui hal-hal dasar dalam melakukan transaksi antar bank ini, seperti misalnya kode bank yang harus digunakan saat transfer, biaya transfer dan estimasi waktu transfer.

Kode Bank, Biaya Transfer dan Cara Transfer BCA ke Mandiri via ATM

Kode Bank untuk Transfer dari Bank BCA ke Bank Mandiri

Hal paling penting yang harus Anda ketahui saat akan melakukan transaksi antar bank adalah kode bank. Kode bank ini dibutuhkan setiap akan melakukan transaksi, terutama melakukan transfer, antar bank. Tidak hanya dari Bank BCA ke Bank Mandiri saja, namun juga bank lain.

Kode ini akan sama jika Anda ingin melakukan transfer ke Bank Mandiri, tidak hanya dari Bank BCA saja, namun juga bank lain. Jadi bisa dibilang ini adalah kode Bank Mandiri, yang mana kodenya pasti digunakan untuk transfer ke Bank Mandiri dari rekening apapun.

Untuk transfer BCA ke Mandiri via ATM, kode bank yang Anda butuhkan adalah 008. Kode ini harus Anda masukkan bersama nomor rekening tujuan ketika akan melakukan transfer ke rekening Bank Mandiri, dari rekening apapun, termasuk dari rekening BCA.

Biaya Transfer dari Bank BCA ke Bank Mandiri

Sama seperti ketika melakukan transaksi ke bank lain, transfer BCA ke Mandiri via ATM juga akan dikenakan biaya transaksi. Setiap bank juga akan menerapkan biaya transaksi ini ketika nasabahnya melakukan transaksi antar bank atau transaksi ke bank lain.

Biaya transfer yang diterapkan pun berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing bank. Untuk biaya transaksi yang diterapkan oleh BCA ketika Anda akan transfer ke rekening bank lain, seperti Bank Mandiri adalah Rp 6.500 sekali transaksi. Biaya ini akan dipotong langsung dari saldo tabungan di dalam rekening Anda.

Estimasi Lama Waktu Transfer dari Bank BCA ke Bank Mandiri

Saat melakukan transaksi seperti transfer ke antar bank seperti transfer BCA ke Mandiri via ATM, biasanya tidak akan memerlukan waktu lama sampai transaksi diproses. Maksudnya, saldo rekening salam tabungan Anda berkurang dan uang yang ingin Anda transfer masuk ke rekening tujuan.

Namun, tak jarang juga ada beberapa kasus dimana transaksi tidak bisa langsung diproses. Artinya uang yang Anda transfer tidak langsung masuk ke rekening penerima. Anda tak perlu khawatir karena proses transfer ini biasanya membutuhkan waktu. Asalkan Anda sudah memastikan prosedur transfer dengan benar, termasuk memastikan nama penerima, maka Anda hanya perlu menunggu.

Estimasi waktu atau lama transfer dari Bank BCA ke Bank Mandiri ini tidak akan lama, biasanya membutuhkan waktu antara 0-3 hari. Jika Anda melakukan transaksi di hari Sabtu atau Minggu dan masih belum diproses, maka Anda harus menunggu hingga hari Senin terlebih dahulu. Anda tak perlu khawatir, yang harus Anda lakukan hanya menunggu sampai transaksi diproses.

Cara Transfer Uang dari Rekening BCA ke Rekening Mandiri

Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan transfer ke bank yang berbeda, selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan transfer BCA ke Mandiri via ATM. Cara transfernya sangat mudah dan bisa Anda lakukan dari ATM BCA manapun. Pertama Anda harus ke ATM BCA terlebih dahulu, jika sudah ikuti langkah-langkah cara transfernya.  Berikut langkah-langkahnya.

1. Masukkan Kartu ATM ke Mesin ATM

Setelah menemukan mesin ATM BCA, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah masukkan kartu ATM ke mesin ATM Anda. Untuk bisa melakukan transaksi, Anda tentunya harus masuk ke menu utama. Agar bisa masuk, tentu saja Anda harus memasukkan PIN ATM Anda dengan benar.

2. Pilih Menu ‘Transaksi Lainnya’

Langkah selanjutnya, setelah memasukkan kartu ATM dan PIN ATM. Apabila sudah memasukkan PIN ATM dengan benar, maka selanjutnya Anda akan dialihkan ke menu utama ATM. Di menu utama ini biasanya terdiri dari beberapa pilihan menu penarikan uang. Untuk¬† cara transfer BCA ke Mandiri via ATM selanjutnya, Anda harus memilih menu ‘Transaksi Lainnya’.

3. Pilih Menu ‘Transfer’

Sesudah memilih menu ‘Transaksi Lainnya’, Anda kemudian akan dialihkan ke sub menu Transaksi Lainnya. Di dalam sub menu ini akan tersedia beberapa menu lain, jika sudah dialihkan ke sub menu ini, pilih pada opsi ‘Transfer’ untuk melanjutkan ke transaksi transfer.

Jika sudah, kemudian Anda akan melihat beberapa pilihan transfer, yaitu transfer ke sesama BCA atau transfer ke Bank Lain. Pilih pada opsi ‘ke Bank Lain’.

4. Masukkan Kode Bank beserta Nomor Rekening Penerima

Langkah selanjutnya dari cara transfer BCA ke Mandiri via ATM dan langkah paling penting adalah memasukkan kode bank beserta nomor rekening penerima. Masukkan 3 digit kode bank yang sudah diberikan sebelumnya. Untuk kode bank Mandiri, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya adalah 008.

5. Masukkan Jumlah Uang yang Akan Ditransfer

Setelah memasukkan kode bank Mandiri tersebut, cara transfer BCA ke Mandiri via ATM selanjutnya masukkan juga jumlah uang yang akan ditransfer. Setiap bank memiliki batas minimal jumlah uang yang bisa ditransfer. Begitu pula dengan Bank BCA.

Untuk batas jumlah minimal nominal uang yang bisa ditransfer dari Bank BCA ke Bank Mandiri adalah Rp 10.000. Jika di bawah nominal tersebut, maka Anda tidak akan bisa melakukan transfer.

6. Masukkan Nomor Rekening

Setelah memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasukkan nomor rekening penerima. Masukkan nomor rekening Mandiri penerima transfer Anda dengan benar. Pastikan nomor rekening yang dimasukkan benar sehingga nantinya proses transaksi bisa diproses dan nantinya bisa diterima oleh penerima.

7. Konfirmasi Identitas Penerima

Langkah terakhir dari cara transfer BCA ke Mandiri via ATM adalah periksa ulang identitas penerima transfer. Pastikan nama penerima dan jumlah nominal yang akan ditransfer sudah benar. Langkah ini harus Anda lakukan sebagai konfirmasi atas nomor rekening penerima yang sudah Anda masukkan sebelumnya. Jika sudah terakhir tekan tombol ‘Benar’.

Setelah semua langkah yang dijelaskan di atas sudah Anda lakukan, maka proses transfer sudah selesai. Selanjutnya tinggal tunggu beberapa saat ketika ATM memproses transaksi Anda. Ketika transaksi sudah selesai, maka struk ATM akan keluar dan kartu ATM juga akan keluar secara otomatis.

Begitulah langkah mudah cara transfer BCA ke Mandiri via ATM yang bisa Anda ikuti. Dengan cara tersebut Anda bisa melakukan transfer dengan lebih mudah dan cepat dari jaringan ATM BCA di berbagai jaringan ATM di seluruh Indonesia.