Meme Setya Novanto Tiang Listrik yang Viral di Internet

Meme Setya Novanto Tiang Listrik yang Viral di Internet

Diposting pada

Saat ini, meme telah menjadi sebuah budaya tersendiri. Orang-orang dapat mengungkapkan pendapatnya melalui sarana meme. Penggunaan meme biasanya meningkat ketika ada suatu fenomena yang sedang terjadi. Dengan menggunakan meme, kita bisa menjadikan fenomena tak masuk akal menjadi suatu bahan guyonan bersama. Salah satunya adalah fenomena kasus Setya Novanto yang menabrak tiang listrik. Dari peristiwa ini, ada banyak meme Setya Novanto tiang listrik.

Meme merupakan ide yang menyebar dari satu orang ke orang lain. Meme pertama kali dicetuskan oleh Richard Dawkins pada 1976. Ide ini dicetuskan melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene. Dalam bukunya, meme diambil dari bahasa Perancis yang berarti memori. Dawkins menyebutkan bahwa cara membaca meme sama seperti saat membaca krim, yaitu mim. Meme bisa berupa gambar, video, atau foto orang. Biasanya, meme dijadikan sebagai sarana menyampaikan ide. Berkat internet, meme menjadi dikenal secara luas. Berkat internet pula, meme-meme baru dapat tersebar dengan mudah dan dapat dibaca oleh berbagai macam orang di seluruh dunia. Meme Setya Novanto tiang listrik juga menjadi sarana ketika Setya Novanto mengalami kecelakaan.

Peristiwa Setya Novanto yang menabrak tiang listrik menjadi pembicaraan hangat di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan media sosial lainnya. Peristiwa ini bermula ketika Setya Novanto berusaha menghindari KPK. Setya novanto bersama pengikutnya pergi mengendarai mobil Fortuner. Celakanya, mobil yang dikendarai tersebut menabrak sebuah tiang listrik di daerah Kebun Jeruk, Jakarta. Kecelakaan ini terjadi 16 November 2017 saat malam. Akibat kecelakaan itu, Setya Novanto terluka. Selanjutnya Setya Novanto dibawa ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau.

Peristiwa ini tidak membuat para warganet percaya. Banyak yang menganggap kecelakaan yang dialami oleh Setya Novanto hanyalah sebuah rekayasa untuk menghindari persidangan yang saat itu sedang ia jalani terkait kasus korupsi e-KTP. Karena dianggap hanya sebuah drama, banyak warganet yang membuat meme Setya Novanto tiang listrik dan diunggah ke berbagai media sosial sebagai bentuk sindiran terhadap Setya Novanto.

Kocaknya Meme Setay Novanto Tiang Listrik yang Ada di Media Sosial

Di media sosial ada lebih dari 1000 post yang berisi meme Setya Novanto tiang listrik. Dari semua unggahan tersebut, engagement yang diperoleh juga sangat tinggi mengingat banyak warganet yang tidak percaya. Berikut merupakan beberapa unggahan meme dari warganet ke media sosial instagram.

Mobil anak menabrak pohon

Dalam akun lain, meme Setya Novanto tiang listrik yang diunggah terlihat sebuah gambar mobil anak berwarna merah muda dengan gambar mata dan mulut yang tersenyum di depannya. Meskipun terlihat manis, mobil anak tersebut ternyata sedang tergeletak setelah menabrak sebuah pohon. Meme ini seolah-oleh sedang mengilustrasikan bagaimana kondisi mobil Fortuner milik Setya Novanto saat menabrak tiang listrik.

Mendoakan tiang listrik

Berbagai akun di instagram ikut meramaikan meme Setya Novanto tiang listrik. Salah satu akun di instagram mengunggah sebuah gambar terkait tiang listrik yang ditabrak. Dalam gambar tersebut, ditunjukkan bahwa kondisi tiang listrik mengalami bengkak di bagian bawah. Tidak jauh dari situ, terdapat 2 orang yang sedang duduk bersila yang mana seorang di depan menggunakan pakaian khas umat Hindu dan di belakangnya terdapat orang lain yang juga ikut berdoa. Mereka sedang mendoakan tiang listrik tersebut. Tidak lupa ditemani dengan peralatan berdoa milik umat Hindu.

Menggunakan sampul majalah religi

Salah satu majalah religi biasanya berisi gambar ilustrasi mengenai azab yang diterima oleh seseorang karena kelakuannya saat masih hidup. Dalam meme Setya Novanto tiang listrik tersebut, beberapa orang sedang berusaha menguburkan sebuah tiang listrik. Naasnya, tiang listrik susah dikebumikan karena sebelumnya ditabrak oleh Setya Novanto.

Tiang listrik dilarikan ke UGD

Dalam kecelakaan, korban yang mengalami luka diharuskan segera dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD). Dalam meme Setya Novanto tiang listrik tersebut terlihat ada 2 orang tenaga kesehatan yang membawa sebuah ranjang beroda. Di atasnya tergeletak tiang listrik. Mereka terlihat terburu-buru saat membawa tiang listrik tersebut ke arah UGD karena harus segera mendapatkan pertolongan setelah tertabrak oleh mobil. Diduga tiang listrik tersebut adalah tiang listrik yang sebelumnya ditabrak oleh Setya Novanto.

Alat pelindung untuk tiang listrik

Setelah menjadi “korban” kecelakaan, salah satu meme Setya Novanto tiang listrik menggambarkan tiang listrik yang dilindungi. Alat pelindung yang digunakan oleh tiang listrik tersebut terlihat seperti sesuatu yang empuk seperti kasur atau mungkin alat pelindung lain. Pelindung ini dimaksudkan untuk menjaga tiang listrik lain supaya tidak terlibat dalam kecelakaan lagi.

Tiang listrik dibalut dengan perban

Setelah menabrak tiang listrik, Setya Novanto dikabarkan menderita luka yang mengakibatkan kepalanya membengkak. Warganet bukannya prihatin dengan kondisi Setya Novanto, mereka malah lebih mengkhawatirkan bagaimana kondisi tiang listrik yang ditabrak oleh Setya Novanto. Dalam salah satu meme tiang listrik Setya Novanto yang tersebar di internet, terdapat gambar yang menunjukkan tiang listrik mengalami pembengkakan yang disebabkan karena kecelakaan. Untuk “mengobati” bengkak yang dialami oleh tiang listrik, tiang listrik itu diperban. Tidak lupa juga diberi infus yang diletakkan di sebelahnya.

Itulah berbagai meme Setya Novanto tiang listrik yang diunggah oleh warganet ke berbagai media sosial di internet. Meme telah menjadi budaya dalam mengutarakan pendapat. Dengan meme, warganet bisa berbagi hal lucu ke sesama warganet lain terutama jika ada peristiwa yang sedang terjadi.