Mengenal Nama Bulan di Kalender Hijriyah dan Doa Awal Tahun Hijriyah

Diposting pada

Apa tahun hijriyah itu? Mengapa kita harus berdoa di awal tahun hijriyah ? Artikel ini akan membahas nama bulan di kalender hijriyah dan doa awal tahun hijriyah.

Tahun hijriyah adalah sebutan bagi kalender dengan acuan bulan mengitari bumi atau biasa disebut rotasi bulan terhadap bumi . Kalender ini identik digunakna oleh orang islam. Kalender ini sangat penting bagi umat islam karna banyak hari hari besar yang mengacu pada kalender ini. Banyak hari hari besar yang mengacu pada kalender hijriyah seperti idul fitri, idul adha, dan tanggal lahir Rasulullah juga menggunakan kalender hijriah.

Mengenal Nama Bulan di Kalender Hijriyah dan Doa Awal Tahun Hijriyah

Nama Nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah

Nama-nama bulan yang terdapat pada kalender hijriyah menggunakan bahasa Arab. Berikut nama-nama bulan dalam kalender hijriyah, yaitu:

1. Muharram

Awal bulan dalam kalender Hijriah adalah Muharram. Arti kata Muharram ini adalah yang diharamkan atau yang tidak diperbolehkan.

2. Safar atau Shofar

Bulan kedua dalam kalender hijriah adalah bulan shofar, kata shofar disini berarti kosong. Pada bulan ini terdapat 29 hari.

3. Rabi’ul Awal

Arti kata rabi’ul awal adalah kembalinya para pemuda setelah merantau. Dalan bulan ini terdapat 30 hari.

4. Rabi’ul Akhir

Rabi’ul Akhir ini berasal dari kegiatan menggembala dan berternak yang dilakukan oleh orang yang telah menetap dari perantauan saat bulan bulan Rabi’ul Awal.

5. Jumadil Awal

Jumadil awal nama ini berasal dari kejadian sulit bertanam dan beternak pada awal penggunaan sistem kalender Hijriah.

6. Jumadil Akhir

Jumadil ahir adalah nama bagi datangnya bulan baru pasca kesulitan yang dialami pada bulan jumadil awal.

7. Rajab

Bulan Rajab memiliki arti mulia dan juga menahan diri. Bulan ini terdiri dari 30 hari.

8. Sya’ban

Bulan ini diartikan sebagin “berkelompok”hal ini karena pada zaman dahulu orang Arab berpencar untuk membentuk kelompok dalam mempertahankan komunitasnya.

9. Ramadhan

Ini adalah bulan yang sangat dimuliakan oleh umat islam. Pada bulan ini orang islam menjalankan puasa sebulan penuh.

10. Syawal

Pada tanggal 1 bula syawal umat islam merayakan kemenangan berupa idul fitri. Nama syawal sendiri memiliki arti kebhagiaan.

11. Dzulka’dah

Pada bulan ini bangsa arab menetapkannya sebagai bulan tenang, sehingga peperangan dilarang pada bulan ini.

12. Dzulhijah

Ini adalah bulan dimana umat islam merayakan idul adha, dicirikan dengan menyembelih hewan ternak, di indonesia sendiri biasanya meneymbelih sapi atau kambing.

Doa Awal Tahun Hijriyah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya:

Ya Alloh! Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang akumelakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada MU, ampunilah aku!

Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada MU ya Alloh, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah!

Demikian artikel tentang mengenal nama bulan di kalender hijriyah doa awal tahun hijriyah. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda.