Mengetahui Cara Mudah Transfer BCA Ke BCA via m-Banking

Diposting pada

Cara transfer BCA ke BCA via m-Banking dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui smartphone saja. Layanan ini tentu semakin mempermudah para nasabah BCA.

Transfer BCA ke BCA via m-Banking merupakan layanan yang sering digunakan nasabah BCA karena kemudahannya. Dengan adanya m-Banking, Anda tidak perlu repot lagi untuk transfer ke bank atau ATM karena transaksi bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone.

Layanan m-Banking ini sangat bermanfaat bagi nasabah yang tidak memiliki waktu luang untuk ke bank atau ATM. Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan memiliki smartphone dengan koneksi internet. Caranyapun cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengetahui Cara Mudah Transfer BCA Ke BCA via m-Banking

Cara Mendaftar m-Banking BCA

Meskipun sudah memiliki rekening BCA, namun Anda tidak bisa langsung menggunakan layanan transfer BCA ke BCA via m-Banking sebelum melakukan pendaftaran. Pendaftaran bisa dilakukan melalui kantor cabang BCA atau mesin ATM terdekat. Untuk lebih mudahnya, berikut ini adalah langkah-langkah mendaftar m-Banking BCA melalui mesin ATM:

1. Masukkan Kartu dan PIN ATM

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kartu ATM dan menginputkan PIN. Pastikan PIN tetap terjaga kerahasiaannya ketika Anda menginputkannya pada mesin ATM.

2. Pilih Menu Daftar E-Banking

Selanjutnya akan disediakan beberapa menu transaksi yang bisa Anda pilih. Kemudian pilih menu Daftar E-Banking untuk melakukan pendaftaran m-Banking. E-Banking adalah Elektronik Banking sedangkan m-Banking merupakan Mobile Banking yang intinya adalah sama.

3. Input Nomor Handphone

Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan nomor handphone. Masukkan nomor yang selalu aktif dan ingin Anda pakai untuk melakukan akses pada layanan m-Banking.

4. Masukkan PIN m-Banking

Yang terakhir adalah masukkan PIN baru untuk m-Banking Anda. Sama seperti PIN ATM, PIN m-Banking juga terdiri dari 6 digit. PIN m-Banking yang Anda buat tidak harus sama dengan PIN ATM.

Cara Rregistrasi di Aplikasi m-BCA

Setelah proses pendaftaran pada m-Banking melalui ATM selesai, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah registrasi di aplikasi m-BCA yang ada di smartphone. Cara melakukan registrasi di aplikasi m-BCA sebelum melakukan transfer BCA ke BCA via m-Banking adalah sebagai berikut:

1. Unduh Aplikasi

Anda harus mengunduh aplikasi m-BCA di smartphone kemudian menginstallnya terlebih dahulu sebelum melakukan transfer BCA ke BCA via m-Banking. Aplikasi dapat diunduh melalui google PlayStore atau website resmi bank BCA.

2. Pilih Menu m-BCA

Setelah aplikasi terinstall sempurna di smartphone, selanjutnya buka aplikasi tersebut. Terdapat beberapa pilihan menu yang bisa dipilih, lalu tap menu m-BCA.

3. Input 16 Digit Angka yang Ada di Kartu ATM

Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan 16 digit angka. Masukkan angka yang tertera pada kartu ATM BCA Anda. 16 digit angka di kartu ATM biasanya dicetak dalam bentuk timbul pada beberapa jenis rekening BCA.

4. Buat Kode Akses 6 Digit Angka

Setelah itu Anda akan diminta memasukkan 6 digit angka untuk kode akses. Masukkan 6 digit angka yang sama dengan PIN m-Banking yang telah Anda buat sebelumnya di mesin ATM.

5. Tekan Next

Jika semua selesai, tekan Next untuk proses registrasi.

Proses pendaftaran m-Banking untuk melakukan transfer BCA ke BCA via m-Banking sudah selesai. Anda sudah bisa menggunakan aplikasi m-BCA tersebut untuk berbagai transaksi baik finansial maupun non finansial. Jangan lupa untuk selalu menjaga kerahasiaan akun m-BCA Anda agar aman dari penyalahgunaan.

Cara Transfer dari BCA ke BCA Melalui m-Banking

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi m-BCA untuk transfer BCA ke BCA via m-Banking. Tidak hanya transfer sesama BCA saja, m-Banking juga bisa digunakan untuk transfer ke bank lain, pembayaran tagihan, cek mutasi, dan cek saldo.

Berikut ini adalah cara transfer BCA ke BCA via m-Banking yang bisa Anda ikuti:

1. Buka Aplikasi m-BCA

Yang harus Anda lakukan pertama kali untuk transfer ke sesama BCA adalah masuk ke aplikasi m-BCA di smartphone. Pastikan jaringan yang Anda gunakan stabil agar proses transaksi berjalan dengan lancar karena aplikasi m-BCA ini bekerja secara online.

2. Pilih Menu m-Transfer

Setelah berhasil masuk dan sudah registrasi, maka akan ditampilkan beberapa pilihan menu transaksi. Selanjutnya pilih menu m-Transfer untuk melakukan transfer uang.

3. Daftarkan Nomor Rekening Tujuan

Yang sedikit merepotkan dari transfer BCA ke BCA via m-Banking dibandingkan via ATM atau Bank adalah Anda harus mendaftarkan nomor rekening tujuan jika sebelumnya belum pernah melakukan transfer. Cara mendaftarkan nomor rekening tujuan adalah sebagai berikut :

  • Pilih sub menu Daftar Transfer – Antar Rekening
  • Pilih Rekening 1/2/3
  • Masukkan Nomor Rekening Tujuan
  • Pilih Send

4. Pilih Menu Transfer – Antar Rekening

Jika sudah berhasil mendaftarkan nomor rekening tujuan, selanjutnya pilih menu Transfer – Antar Rekening. Sebagai informasi, Anda tidak perlu melakukan pendaftaran nomor rekening tujuan jika sebelumnya sudah pernah melakukan transfer ke nomor rekening tersebut. Jadi pendaftaran hanya dilakukan untuk nomor rekening yang belum pernah menerima transfer melalui m-Banking dari Anda.

5. Pilih Nomor Rekening Tujuan

Setelah memilih menu Transfer – Antar Rekening, selanjutnya akan ditampilkan nomor rekening tujuan yang sudah terdaftar. Pilih nomor rekening tujuan yang telah didaftarkan di atas.

6. Input Nominal Uang

Masukkan nominal uang yang ingin Anda kirim. Batas minimal transfer BCA ke BCA via m-Banking yaitu sebesar Rp. 10.000, sedangkan untuk limit atau batas maksimum nominal transfer berbeda-beda tergantung dengan jenis rekening yang Anda gunakan. Jangan lupa untuk memastikan saldo yang Anda miliki cukup sebelum memasukkan nominal uang agar transfer yang dilakukan tidak gagal.

7. Pilih Send

Yang terakhir adalah pilih Send. Selanjutnya transaksi akan diproses, Anda hanya tinggal menunggu proses selesai. Jika transaksi berhasil maka akan ditampilkan bukti transfer yang bisa Anda simpan dengan cara screenshot.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana dengan biaya transfer BCA ke BCA via m-Banking. Berbeda dengan transfer dari BCA ke bank lainnya seperti Mandiri atau BRI yang dikenakan biaya pengiriman sebesar Rp. 6.500, transfer sesama bank BCA tidak membutuhkan biaya. Saldo Anda hanya akan terpotong sesuai dengan nominal transfer yang telah dimasukkan sebelumnya.

Sedangkan untuk lama proses transfer hingga sampai ke rekening tujuan adalah realtime atau saat itu juga. Jika saldo tidak bertambah saat itu juga mungkin ada masalah pada jaringan atau yang lainnya, Anda bisa menunggu 1×24 jam atau menghubungi Customer Service BCA.

Namun pada jam tertentu yaitu sekitar pukul 21.00 – 01.00, BCA melakukan maintenance sehingga transaksi tidak bisa terlihat. Jika nomor rekening tujuan melakukan cek saldo, terkadang saldo sudah bertambah. Selanjutnya setelah maintenance selesai maka saldo atau mutasi rekening akan kembali normal dan uang dapat diterima.

Itulah informasi lengkap mengenai langkah-langkah transfer BCA ke BCA via m-Banking. Jadi kesimpulannya, sebelum menggunakan aplikasi m-BCA untuk transfer uang Anda harus melakukan pendaftaran melalui ATM dan registrasi pada aplikasi terlebih dahulu. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda yang membutuhkan informasi mengenai cara transfer sesama BCA melalui m-Banking.