Mengetahui Dimana Letak Test Point HP Xiaomi

Diposting pada

Letak test point HP Xiaomi harus diketahui oleh semua penggunanya. Berikut ini adalah keterangan di mana test point bisa ditemukan.

Lokasi atau letak test point HP Xiaomi tentunya wajib diketahui oleh setiap pengguna ponsel ini, terutama bagi yang suka melakukan otak-atik pada ponsel tersebut. Seperti yang diketahui, test point adalah bagian dari motherboard di ponsel yang bisa digunakan untuk menyelamatkan ponsel jika sudah mati total.

Di perangkat Xiaomi, tentu saja juga ada test point yang tersedia. Meski tidak semua orang butuh tahu di mana letak test point HP Xiaomi, namun bagi mereka yang ingin mencoba menyalakan kembali perangkat Xiaomi yang sudah mati total, tentu posisi test point sangat penting diketahui.

Berikut ini akan ada penjelasan tentang semua hal yang berhubungan dengan test point perangkat Xiaomi, terutama soal letak test point HP Xiaomi. Untuk yang senang utak-atik ponsel dan juga mendalami bidang servis ponsel, informasi di bawah ini tentunya sangat berguna.

Mengetahui Dimana Letak Test Point HP Xiaomi

Apa Itu Test Point?

Test point adalah sejenis bagian dari motherboard perangkat ponsel yang berupa titik atau kotak kecil. Di sinilah pertolongan terakhir pada ponsel yang mati bisa dilakukan. Jika ponsel sudah tidak bisa lagi terhubung dengan PC atau laptop, maka test point pada HP harus disambungkan dengan beberapa alat agar perangkat ponsel bisa dihidupkan kembali.

Fungsi Test Point

Sebelum membahas tentang letak test point HP Xiaomi, fungsi dari test point perlu diketahui. Fungsi dari test point beragam. Bagi yang paham soal hal perbaikan ponsel, test point pasti sudah tak asing lagi fungsinya. Pada dasarnya, fungsi dari perangkat ini adalah sebagai titik uji coba di mana ponsel yang mati bisa dicoba dihidupkan kembali.

Nantinya, pada test point, ada beberapa alat yang akan diaplikasikan untuk mengetahui seberapa jauh kerusakan ponsel dan dilakukan sebagai usaha perbaikan. Beberapa alat yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan pada test point antara lain adalah kabel, jarum, penjepit, dan lain-lainnya. Setelah letak test point HP Xiaomi ditemukan, alat-alat tadi akan digunakan untuk memperbaiki kondisi ponsel.

Letak Test Point di HP Xiaomi

Di artikel ini, hal mendasar yang dibahas adalah soal letak test point HP Xiaomi. Masalahnya, lokasi di mana test point dipasang di tiap-tiap perangkat Xiaomi bisa berbeda satu dan yang lainnya. Hal ini sangat tergantung pada model dan tahun keluaran Xiaomi.

Namun, biasanya letak test point HP Xiaomi bisa ditemukan di sekitar slot kartu SIM. Inilah mengapa sebagian besar orang awam yang ingin mengetahui di mana test point HP tersebut akan mencari titik test point ini di sekitar slot kartu SIM.

Daftar Lengkap Letak Test Point di HP Xiaomi

Seperti yang sudah disinggung di atas tadi, letak test point HP Xiaomi tidak sama di tiap perangkatnya. Hanya saja, test point sudah pasti berada di motherboard, namun lokasinya tetap tidak pasti dan berubah-ubah dari satu seri ponsel ke seri yang lainnya.

Di bawah ini akan dijelaskan di mana saja letak test point pada semua HP Xiaomi. Untuk memperjelas lokasinya, letak test point di perangkat-perangkat Xiaomi di bawah ini akan diberikan dalam bentuk gambar. Ini dia daftarnya.

  • Redmi 1S
  • Redmi 2
  • Redmi 3/Pro/Prime
  • Redmi 3X/S/S Prime
  • Redmi 4/4A/4 Prime
  • Mi 2
  • Mi 3
  • Mi 4
  • Mi 5
  • Redmi Note 4G
  • Mi Note
  • Redmi Note 3 Pro
  • Redmi Note 4 Qualcomm Snapdragon
  • Mi 5s
  • Mi Max
  • Mi Mix

Resiko Mengutak-atik Test Point

Meski lokasi test point HP Xiaomi sudah diketahui, alangkah baiknya jika kamu tidak langsung melakukan uji coba pada test point tersebut. Lokasi dari test point terbilang tersembunyi bukan tanpa alasan.

Pihak pembuat ponsel pasti paham jika test point ini sangat krusial fungsinya dan tidak boleh diutak-atik. Inilah mengapa tempat test point HP Xiaomi dan di HP merk lainnya terbilang tersembunyi. Resiko dari mengutak-atik test point antara lain adalah:

1. HP Terjebak Hardbrick

Test point memang terkadang diutak-atik ketika ponsel sudah dalam keadaan hardbrick alias mati total. Meski demikian, sebelum test point diutak-atik, ada kemungkinan HP bisa diperbaiki. Jika proses testing pada test point tidak dilakukan dengan benar, perangkat ponsel malah bisa terjebak dalam keadaan hardbrick seterusnya.

2. Perangkat Keras Rusak Permanen

Salah satu resiko terbesar dari uji coba pada test point adalah rusaknya perangkat keras. Motherboard HP bisa saja menjadi rusak karena adanya aliran listrik atau hal-hal lain yang salah ketika proses testing.

Itu dia tadi beberapa penjelasan tentang test point di perangkat Xiaomi. Seperti yang sudah ada di keterangan di atas, dengan mengetahui letak test point HP Xiaomi tidak berarti kamu bisa mengutak-atinya sembarangan. Jika kamu tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam hal perbaikan ponsel, maka lebih baik serahkan semuanya pada yang lebih profesional di bidangnya.