Mengirim Kartu Ucapan Imlek, Menghargai Keberagaman dengan Cara Sederhana

Diposting pada

Indonesia adalah negeri yang kaya, mulai dari suku bangsa, bahasa dan agama. Keberagaman inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang kaya. Keragaman ini jugalah yang harus disyukuri dengan cara saling menghormati, baik dengan yang sesama maupun yang berbeda. Salah satu caranya misalnya dengan saling menghormati antar sesama pemeluk agama. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya ucapan selamat ketika salah satu penganut agama sedang merayakan hari raya. Sebut saja ketika perayaan imlek, akan ada banyak kartu ucapan imlek yang dikirimkan baik melalui media sosial maupun secara langsung.

Makna Memberikan Kartu Ucapan Imlek

Perayaan imlek yang sudah bisa dilangsungkan secara terbuka adalah bukti bahwa setiap warga negara Indonesia berhak dihormati di atas perbedaan yang ada. Bayangkan pada jaman dahulu, sebelum era reformasi, jangankan merayakan perayaan hari besar umat konghucu ini, sekedar mengirimkan kartu ucapan imlek pun bisa dianggap sebagai sebuah pelanggaran. Maka dari itu, sejak dicabutnya inpres yang melarang seagal hal berbau Tionghoa di Indonesia, masyarakat yang menganut kepercayaannya pun bisa dengan bebas merayakan hari besarnya tanpa takut adanya sanksi dari pihak pemerintah.

Imlek sendiri atau yang lebih dikenal dengan nama Chinese New Year atau tahun baru china adalah sebuah hari besar yang selalu dirayakan oleh umat Tionghoa setiap tahunnya. Tepatnya dirayakan di hari pertama bulan 1 dalam penanggalan China. Pada hari yang identik dengan warna merah dan emas ini, orang-orang China melakukan ritual yang mirip dengan yang dilakukan oleh kaum muslim di hari raya Idul Fitri. Mereka pergi ke kelenteng, melakukan sembayang dan bersilaturahmi bersama keluarga. Yang tak boleh ketinggalan adalah mengirim kartu ucapan imlek dan angpao yang dibagikan oleh orang yang sudah menikah kepada anak-anak.

Selain identik dengan perayaan, imlek juga identik dengan shio. Shio yang dilambangkan dengan hewan ini memiliki arti dan penggunaan sendiri-sendiri. Shionya pun berdasarkan pada tahun tersebut. Misalnya pada tahun 2018 ini adalah shio anjing dimana perayaan imlek jatuh tepat pada tanggal 16 Febuari 2018. Karena itulah, jika mengirim kartu ucapan imlek biasanya tema yang digunakan pada kartu adalah anjing.

Memberikan angpao dan mengirimkan kartu ucapan imlek adalah sebuah tradisi yang selalu ada dalam perayaan imlek. Tidak hanya sekedar memberikan ucapan selamat imlek atau tahun baru China, keduanya memiliki makna dan filosofi tersendiri. Memberikan angpao memiliki makna berbagi rejeki agar di tahun selanjutnya rejekinya semakin dilancarkan. Sedangkan mengirimkan kartu ucapan bisa juga dimaknai sebagai sebuah doa, baik untuk kelancaran rejeki maupun kesehatan. Karena itulah kedua tradisi ini selalu ada dan tidak pernah ketinggalan dalam perayaan imlek. Meskipun saat ini di era teknologi yang semakin canggih, media untuk mengirimkan ucapan pun ikut bergeser. Jika pada jaman dahulu mengirimkan ucapan imlek bisa melalui kartu ucapan yang terbuat dari kertas, kini, media sosial adalah media menyampaikan ucapan imlek terbaru dan banyak digunakan. Meskipun beberapa orang masih memilih menggunakan kartu yang terbuat dari kertas seperti biasanya.

Kumpulan Kartu Ucapan Imlek, Sederhana dan Penuh Makna

Bagi Anda yang ingin memberikan ucapan imlek kepada sanak saudara melalui kartu ucapan, berikut ini ada beberapa ucapan yang bisa Anda gunakan. Ucapan-ucapan berikut bisa Anda gunakan baik untuk membuat kartu ucapan imlek di kertas maupun di media sosial. Selain mengandung ucapan selamat merayakan imlek, ucapan-ucapan berikut juga mengandung doa-doa baik.

1. “Selamat Tahun Baru Imlek”

Ucapan pada kartu ucapan imlek yang paling umum dijumpai adalah dengan menggunakan kalimat “Selamat tahun baru imlek. Sebagai bentuk variasi, beberapa juga menambahkan tahun dalam kalender China di belakang kalimat ucapan tersebut. Ada pula beberapa orang yang menggunakan bahasa Mandarin untuk ditambahkan di belakang kalimat tersebut. Bahasa mandarin yang digunakan juga bahasa mandari sederhana yang memiliki arti hampir sama dengan kalimat tersebut.

2. “Gong Xi Fa Chai, Wang Se Ru Yi”

Selain memberikan kartu ucapan imlek dalam bahasa Indonesia, yang juga umum diberikan adalah kartu ucapan dalam bahasa Mandarin langsung. Seperti misalnya kata-kata “Gong X Fa Chai” yang kemudian juga diikuti dengan kalimat “Wan Se Ru Yi” ditambah di belakangnya dengan kalimat “Sen Thi Chien”. Jika ketiga kalimat dalam bahasa mandarin tersebut digabungkan akan membentuk kartu ucapan yang memiliki makna begitu dalam, yaitu sebagai doa agar diberikan kesehatan, serta kedamaian dan kesejahteraan dalam rumah tangganya. Kalimat tersebut juga mendoakan kesuksesan pada penerima kartu tersebut.

3. “Wiahing You a Happy Chinese New Year”

Kalimat ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin mengirimkan kartu ucapan imlek namun belum begitu bisa berbahasa mandarin. Memberikan kartu ucapan untuk imlek dengan menggunakan Bahasa Inggris seperti kalimat tersebut juga sering digunakan. Untuk melengkapinya, di belakang ucapan imlek tersebut, Anda bisa menambahkan doa kepada paenerima kartu tersebut seperti doa untuk kesehatan, kesuksesan dan kesejahteraan.

Memberikan ucapan selamat kepada yang merayakan imlek, baik dengan cara memberikan ucapan secara langsung maupun melalui kartu ucapan imlek, merupakan salah satu contoh sederhana mensyukuri keberagaman dengan cara menghormati adanya perbedaan tersebut. Masih ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghormati pemeluk agama lain di negeri ini selain memberikan ucapan. Meskipun tergolong sederhana, memberikan ucapan selamat kepada pemeluk agama lain yang sedang merayakan hari besarnya sudah menunjukkan jika keberadaan mereka benar-benar diakui di negeri ini. Nah, untuk inspirasi ucapan imlek lain, Anda bisa cek dalam kumpulan kartu ucapan imlek yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.