Mengurus Buku Tabungan BCA yang Hilang dengan Praktis dan Mudah

Diposting pada

Mengurus buku tabungan BCA yang hilang ternyata dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda bisa mencoba mengurusnya dengan berbagai cara.

Mengurus buku tabungan BCA yang hilang merupakan salah satu solusi yang harus Anda lakukan ketika menemukan permasalahan dimana buku tabungan yang dimiliki hilang. Mengurus buku tabungan yang hilang perlu dilakukan agar data atau bukti dari sebuah kepemilikan kartu ATM BCA tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Banyak sekali orang yang tidak bertanggungjawab menyalahgunakan buku tabungan yang hilang milik orang lain. Maka dari itu, jika Anda memiliki permasalahan seperti itu harus segera melaporkan kepada teller maupun petugas dari bank BCA supaya bisa diurus dengan cepat.

Ketika Anda membuka rekening baru Bank BCA, pasti akan memiliki sebuah buku tabungan yang wajib dimiliki sebagai bukti kepemilikan dari kartu ATM Bank BCA. Anda dapat memiliki buku tabungan BCA dengan mudah hanya dengan memiliki sebuah kartu ATM BCA. Buku tabungan Bank BCA harus dijaga oleh pemilik kartu ATM supaya tidak hilang.

Namun, seringkali terjadi permasalahan tentang hilangnya sebuah buku tabungan. Jika buku tabungan hilang dan kebetulan ditemukan oleh orang lain yang bertanggungjawab, maka kemungkinan besar buku tabungan Anda akan dikembalikan maupun diserahkan ke kantor BCA terdekat. Namun jika ditemukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, itu akan menjadi sebuah masalah serius dan bisa saja disalahgunakan oleh orang lain.

Mengurus Buku Tabungan BCA yang Hilang dengan Praktis dan Mudah

Pentingnya Buku Tabungan BCA

Adanya buku tabungan sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, khususnya untuk pendidikan. Hal ini dikarenakan biasanya buku tabungan diperlukan untuk mengurus proses pendaftaran kuliah, penarikan tunai, mengurus urusan pribadi, dan masih banyak lagi. Meskipun sudah ada BCA Online, Anda juga harus tetap mengurus buku tabungan karena beberapa hal tersebut.

Jika Anda menyadari bahwa buku tabungan BCA telah hilang, maka segera lapor ke call center BCA dengan nomor 1500 888. Anda bisa meminta mengurus buku tabungan BCA yang hilang untuk segera diblokir supaya tidak disalahgunakan oleh orang lain. Pemblokiran biasanya dilakukan agar orang yang tidak bertanggungjawab tersebut tidak bisa seenaknya menggunakan buku tabungan Anda yang telah hilang.

Anda jangan sampai panik terlebih dahulu dan fokuskan untuk terus mencari supaya tidak perlu mengurus buku tabungan BCA yang hilang. Cari di sekitar tempat-tempat yang tadi Anda lewati maupun kunjungi. Mungkin buku tabungan Anda tidak sengaja tertinggal di sana. Ingat-ingat terakhir kali Anda menyimpan buku tabungan tersebut.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga buku tabungan BCA. Tapi, jika buku tabungan yang Anda miliki benar-benar hilang dan sudah tidak mungkin untuk dicari dan ditemukan lagi, Namun, usahakan untuk terus tetap mencari buku tabungan Anda yang hilang. Jika buku tabungan Anda benar-benar hilang, berikut ini cara mengurus buku tabungan BCA yang hilang dengan praktis dan mudah.

Syarat Mengganti Buku Tabungan BCA yang Telah Hilang

Ketika Anda ingin mengurus buku tabungan BCA yang hilang. Maka diperlukan beberapa syarat yang harus dilakukan. Syarat-syarat tersebut harus dilakukan supaya proses pergantian buku tabungan BCA dapat diproses secara mudah dan cepat. Biasanya, syarat-syarat yang diperlukan untuk mengurus buku tabungan BCA yang hilang memerlukan beberapa dokumen yang wajib dibawa. Berikut ini beberapa dokumen yang diperlukan untuk mengurus hilangnya buku tabungan BCA yang dimiliki.

  • Menyiapkan SIM, KTP, maupun Paspor
  • Siapkan ATM BCA dari buku tabungan yang hilang
  • Menyiapkan sejumlah uang untuk biaya administrasi

Jika Anda sudah menyiapkan beberapa persyaratan yang harus dibawa, maka segeralah untuk datang ke kantor BCA dan mengurus buku tabungan BCA yang hilang.

Langkah-Langkah Mengurus Buku Tabungan BCA yang Hilang

Untuk mengurus buku tabungan BCA yang hilang, yang harus dilakukan untuk pertama kali adalah datang ke kantor BCA. Jika sudah dating ke kantor BCA, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mengurus sebuah buku tabungan BCA yang hilang.

  • Menemui satpam dan berkata bahwa ingin mengurus dan mengganti buku tabungan BCA karena hilang.
  • Jika sudah, Anda akan diarahkan oleh satpam yang ada di Bank BCA untuk mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Nomor antrian digunakan sebagai nomor urutan. Karena nantinya Anda akan dipanggil oleh teller atau customer service.
  • Tunggu nomor antian yang telah Anda dapatkan sampai customer service memanggil nomor antrian yang Anda miliki.
  • Ketika nomor antrian Anda telah dipanggil, segera datang ke customer service dan serahkan beberapa dokumen yang telah dipersiapkan untuk mengurus buku tabungan BCA yang hilang. Serahkan dokumen-dokumen yang telah diminta tanpa kurang sedikitpun. Dokumen-dokumen tersebut digunakan sebagai bukti kepemilikan dari sebuah buku tabungan yang hilang.
  • Tunggu customer service mengurusi kepemilikan buku tabungan baru. Tunggu prosesnya hingga 10-15 menit
  • Setelah proses selesai, simpan baik-baik buku tabungan baru yang telah Anda miliki.

Akibat Tidak Memiliki Buku Tabungan BCA

Jika Anda memiliki kartu ATM BCA namun tidak memiliki buku tabungan BCA karena hilang dan alas an lainnya. Maka Anda akan mendapat kerugian lain yang berhubungan dengan produk dari Bank BCA. Kebanyakan produk-produk yang berhubungan dengan Bank BCA memiliki syarat khusus yang mengharuskan nasabahnya memiliki buku tabungan. Jika buku tabungan hilang dan Anda tidak mengurus buku tabungan BCA yang hilang tadi, maka bersiaplah untuk tidak bisa menikmati beberapa keuntungan atau produk ini.

1. KPA BCA

Merupakan salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menjadi nasabah Bank BCA dan memiliki buku tabungan BCA. Untuk mengambil produk ini, Anda perlu fotokopi buku tabungan yang dimiliki selama 3 bulan terakhir.

2. KPR BCA

KPR BCA biasanya menawarkan bunga sekitar 5,88% selama 3 tahun. Selain itu, Anda akan dibebaskan dari biaya penalti jika mempercepat pelunasan kredit. Untuk mengambil KPR BCA, Anda diperlukan melengkapi beberapa dokumen yang wajib dikumpulkan. Salah satunya adalah fotokopi dari buku tabungan BCA yang dimiliki selama 3 bulan terakhir. Jika buku tabungan hilang dan Anda tidak sempat mengurus buku tabungan BCA yang hilang itu, maka Anda tidak bisa menikmati keuntungan yang telah ditawarkan oleh Bank BCA kepada nasabah.

3. KKB BCA

Ketika Anda ingin membeli mobil maupun kendaraan pribadi lainnya, tidak jarang orang yang menjual kendaraan tersebut mengisyaratkan untuk memfotokopi buku tabungan BCA yang Anda miliki. Biasanya syarat ini diberlakukan bagi seorang wirausaha, karyawan, perusahaan, professional, dan lain sebagainya. Jika buku tabungan Anda hilang, maka segeralah untuk mengurus buku tabungan BCA yang hilang tadi supaya dapat digunakan.

Itulah beberapa cara untuk mengurus buku tabungan BCA yang hilang beserta dampak dari hilangnya buku tabungan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga buku tabungan karena buku tersebut tidak hanya digunakan untuk mengecek transaksi saja, namun bisa digunakan untuk kegiatan lain. Anda harus menjaga baik-baik buku tabungan yang dimiliki karena suatu saat buku tabungan tersebut akan berguna dan sangat membantu keperluan Anda. Simpan di tempat khusus dan aman supaya buku tabungan tidak hilang.