Menyelesaikan Masalah Lupa Password Internet Banking BCA dengan Mudah

Diposting pada

Masalah lupa password internet banking BCA bisa diselesaikan dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa caranya.

Lupa password internet banking BCA bisa menyebabkan akun diblokir dan tidak bisa dibuka. Inilah mengapa banyak orang yang bingung ketika mereka lupa akan password atau kata sandi yang biasanya digunakan untuk mengakses akun mereka di internet banking BCA. Memang untuk masuk ke laman akun layanan internet banking milik BCA ini, nasabah harus memasukkan user name dan password yang benar.

Ketika password salah dimasukkan, masih ada 2 kali lagi kesempatan untuk memasukkan password yang benar. Namun, jika dalam 3 kali kesempatan tersebut password selalu salah dimasukkan, maka secara otomatis akun internet banking yang dicoba diakses akan terblokir. Terdapat tanda gembok kunci berwarna merah di layar yang mengindikasikan akun sedang diblokir.

Bagaimana cara menyelesaikan masalah kelupaan kata sandi yang menyebabkan pemblokiran ini? Cara termudahnya adalah dengan mengganti password. Mengganti kata sandi yang lama (yang terlupakan) dengan yang baru akan membuat pengguna bisa mengakses lagi akun internet banking yang dimilikinya.

Namun demikian, penggantian password tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Nasabah harus terlebih dahulu mengurus hal-hal terkait dengan hal tersebut karena pemblokiran harus dibuka dulu oleh pihak bank. Jika saat ini ada yang mengalami lupa password internet banking BCA sehingga akun internet banking BCA terblokir, berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengatasi masalah tersebut.

Menyelesaikan Masalah Lupa Password Internet Banking BCA dengan Mudah

Daftar Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mengurus Saat Lupa Password Internet Banking BCA

Untuk cara atasi lupa password internet banking BCA, nasabah harus terlebih dahulu menghubungi pihak BCA dan meminta pembukaan blokir. Setelah akun tidak diblokir, nasabah kemudian bisa mengganti kata sandi yang lama dengan yang baru. Ada baiknya juga pihak bank yang membantu proses pembuatan kata sandi baru ini.

Untuk dapat membuka blokir dari akun internet banking, nasabah harus memiliki beberapa dokumen dan kelengkapan. Hal ini digunakan untuk menunjukkan bukti kepemilikan akun dan juga untuk membantu pihak bank melakukan identifikasi. Berikut ini adalah beberapa jenis dokumen yang bisa disiapkan oleh nasabah untuk membuka blokir akun internet banking BCA.

1. Identitas Resmi

Identitas resmi tentunya sangat dibutuhkan ketika nasabah ingin melakukan pembukaan pemblokiran akun internet banking miliknya. Identitas resmi yang digunakan bisa berupa KTP, SIM, atau paspor. Namun, ada baiknya jenis identitas yang ditunjukkan pada pihak bank adalah identitas yang sama dengan yang dulu digunakan ketika membuat akun internet banking.

Misalnya, dulu akun internet banking BCA dibuat dengan menunjukkan KTP. Maka, saat lupa password internet banking BCA dan ingin membuka blokirnya, tunjukkan juga KTP yang digunakan saat itu. Persiapkan identitas resmi yang asli dan bawa juga beberapa lembar fotokopiannya.

2. Buku Tabungan BCA

Selain identitas resmi, buku tabungan BCA juga merupakan syarat wajib yang harus dibawa dan juga ditunjukkan pada pihak bank adalah buku tabungan BCA. Pastikan buku tabungan BCA yang ditujukan sama dengan rekening yang digunakan untuk internet baking yang terblokir.

Sama dengan identitas resmi, jangan lupa bawa buku tabungan yang asli, namun persiapkan juga beberapa lembar fotokopiannya untuk mempercepat proses pembukaan blokir akun internet banking BCA. Lembar fotokopian ini biasanya akan diminta oleh pihak bank sebagai bukti sebelum blokir dibuka.

3. Uang Tunai

Uang tunai biasanya akan dibutuhkan sebagai biaya administrasi saat mengurus pembukaan blokir akun internet banking BCA di kantor cabang. Meski sebagian besar layanan customer service tidak berbayar, namun ada baiknya uang tunai tetap dipersiapkan agar proses penyelesaian lupa password internet banking BCA bisa lebih cepat.

4. Pulsa Telepon

Bagi nasabah yang berniat menyelesaikan masalah lupa password internet banking BCA dengan cara menelepon call center BCA, salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah pulsa reguler yang cukup banyak. Pastikan pulsa ada dan bisa menckupi untuk telepon call center sekitar 15 hingga 20 menit lamanya.

Jika pulsa tidak cukup, biasanya panggilan akan terputus dan tidak ada solusi untuk masalah lupa password internet banking BCA. Inilah mengapa jika tidak ingin menggunakan pulsa terlalu banyak, cara pengurusan termudah sebenarnya adalah dengan cara datang langsung ke kantor cabang.

2 Cara Menyelesaikan Masalah Lupa Password Internet Banking BCA

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, ada dua cara paling mudah untuk menyelesaikan masalah lupa password internet banking BCA. Cara yang pertama adalah dengan cara datang langsung ke kantor cabang BCA. Cara kedua adalah dengan menelepon call center pihak BCA. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut penjelasannya.

1. Datang ke Kantor Cabang BCA

Datang langsung ke kantor cabang atau kacab BCA merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh nasabah ketika mereka mengalami masalah lupa password internet banking BCA. Nasabah tahu dengan datang ke kacab, mereka bisa berbicara dengan customer service dan dibantu untuk proses pembukaan blokir dan juga proses pembuatan kata sandi baru.

Temukan kacab terdekat dari lokasi Anda kemudian datang ke sana dan infokan pada satpam tujuan kedatangan yaitu untuk berbicara dengan customer service. Satpam akan mengarahkan untuk mengambil nomor antrian bagian customer service. Tunggu hingga giliran dipanggil dan jelaskan duduk permasalahan pada customer service ketika sudah tiba gilirannya.

Berikut ini adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan metode ini:

Kelebihan:

  • Masalah bisa lebih cepat selesai
  • Bisa berbicara langsung dengan customer service
  • Bisa dibantu pembuatan password baru

Kekurangan:

  • Harus datang langsung ke bank
  • Harus mengantri

2. Menelepon Call Center BCA

Bagi mereka yang sibuk, tentu saja tidak sembarang waktu bisa diluangkan untuk datang ke kacab BCA. Mereka harus mencari cara lain untukĀ  bisa tetap tersambung pada customer service dan menyelesaikan masalah lupa password internet banking BCA. Untungnya, masih ada call center BCA yang bisa dihubungi.

Untuk menghubungi call center ini, nasabah bisa menghubungi 1500 888. Nomor ini berlaku bagi nasabah yang menghubungi call center BCA dari dalam negeri. Jika kebetulan nasabah ada di luar negeri dan tetap ingin menghubungi call center, nomor yang dihubungi adalah +622 1 1500 888.

Untuk kelebihan dan kekurangan metode ini, berikut penjelasannya:

Kelebihan:

  • Bisa dilakukan dari mana saja
  • Tidak harus datang ke bank
  • Bisa berbicara dengan lebih leluasa

Kekurangan:

  • Biaya pulsa besar
  • Proses lebih lama

Dapat disimpulkan jika masalah lupa password internet banking BCA bisa diselesaikan dengan mudah, baik dengan cara datang langsung ke kacab BCA atau dengan menghubungi call center BCA. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, gunakan kata sandi yang lebih mudah diingat atau catat kata sandi tersebut di ponsel atau di secarik kertas dan simpan di dompet.