Mobile Banking BCA Tidak Bisa Transfer dan Solusi yang Bisa Digunakan

Diposting pada

Mobile banking BCA tidak bisa transfer menjadi suatu masalah yang pastinya merepotkan. Adanya solusi-solusi berikut tentu akan sangat membantu Anda.

Mobile banking BCA tidak bisa transfer tentu akan membuat nasabah kerepotan. Kehadiran mobile banking sebenarnya sangatlah berguna. Setidaknya, layanan ini memberikan akses mudah bagi para nasabah BCA sehingga mereka tidak perlu lagi repot datang ke kantor cabang ataupun gerai ATM ketika mereka ingin melakukan transfer uang, baik itu transfer antar bank atau transfer sesama bank.

Adanya layanan Mobile Banking BCA ini benar-benar sangat berguna. Maka dari itu, bila Anda mengalami gangguan dan tidak bisa melakukan transfer melalui Mobile Banking BCA Anda, informasi berikut bisa menjadi info yang berguna sekaligus menjadi solusi bagi permasalahan Anda.

Mobile Banking BCA Tidak Bisa Transfer dan Solusi yang Bisa Digunakan

Beberapa Alasan dan Penyebab Masalah di Mobile Banking BCA

Sebelum masuk ke bagian solusi untuk mengatasi mobile banking BCA tidak bisa transfer tersebut, ada baiknya bila Anda juga mengetahui beberapa kemungkinan alasan yang membuat Mobile Banking Anda tidak bisa digunakan. Hal ini setidaknya bisa membuat Anda lebih tahu sekaligus melakukan pencegahan agar jangan sampai aplikasi kembali tidak bisa digunakan.

Berikut ini adalah beberapa hal umum yang sering terjadi dan menjadi penyebab error atau tidak berfungsinya Mobile Banking BCA Anda.

1. Internet error

Yang pertama adalah masalah terkait dengan jaringan internet Anda yang error. Tanpa adanya koneksi internet atau paket data di gawai Anda, pastinya mobile banking BCA tidak bisa transfer. Bukan hanya transfer, bahkan semua fitur dan akses yang ada di Mobile Banking Anda tidak akan bisa diakses karena jaringan internet ini dibutuhkan untuk mengakses data yang ada di server pusat secara online.

2. Kerusakan aplikasi

Kemungkinan kedua yang menjadi penyebab adalah kerusakan di aplikasi. Hal ini bisa terjadi baik itu terjadi karena masalah di gawai Anda atau memang ada masalah teknis. Kerusakan yang disebabkan oleh gawai Anda bisa saja terjadi ketika dalam proses penggunaan. Bisa saja aplikasi mengalami error atau ada beberapa file dalam aplikasi yang tidak lagi bisa diakses karena Anda atau gawai Anda secara tidak langsung melakukan perubahan.

Aplikasi bisa saja rusak sehingga mobile banking BCA tidak bisa transfer. Kerusakan dalam aplikasi ini biasa disebut sebagai bugs dan error dan ini bisa terjadi ketika melakukan update aplikasi.

3. Masalah di server

Lalu, alasan Kenapa mobile banking BCA tidak bisa transfer bisa saja disebabkan oleh masalah di server Bank BCA. Walau hal ini sangat jarang mungkin terjadi, server bukanlah sesuatu yang selalu bisa bekerja secara lancar. Teknologi seringkali mengalami error dan hal  ini bisa juga terjadi pada server. Ketika server mengalami masalah, salah satu atau seluruh layanan dari Bank BCA bisa mendadak tidak bisa diakses.

Itulah beberapa potensi yang bisa menjadi penyebab tidak berfungsinya layanan Mobile Banking BCA. Tidak semua masalah berasal dari gawai pengguna  atau merupakan kesalahan pengguna. Bisa saja masalah ini terjadi di server atau di aplikasi yang mengalami error atau ditemukannya bugs.

Mobile Banking BCA Tidak Bisa Transfer Karena Tidak Bisa Menambahkan Nomor Rekening

Masalah yang sering terjadi ketika mobile banking BCA tidak bisa transfer adalah tidak bisanya menambahkan nomor rekening. Ketika nomor rekening tujuan tidak bisa ditambahkan, sudah pasti proses transfer tidak bisa dilanjutkan. Untuk solusinya, beberapa hal ini bisa menjadi info yang berguna.

  1. Pastikan aplikasi yang Anda gunakan adalah aplikasi resmi dan sudah merupakan versi terbaru.
  2. Pastikan juga bahwa nomor telepon yang digunakan dan didaftarkan pada M-Banking ini merupakan nomor dari SIM1 yang terpasang di gawai Anda.
  3. Lalu, ketika Anda menggunakan paket data, pastikan bahwa paket dan jaringan internet tersebut berasal dari SIM 1 yang nomornya telah didaftarkan di M-Banking.

Tiga hal tersebut bisa dipastikan sebagai salah satu solusi mobile banking BCA tidak bisa transfer. Ketika masih terjadi masalah dan masih belum bisa transfer ataupun menambahkan rekening, Anda tentu membutuhkan solusi lainnya yang bisa mengatasi masalah di Mobile Banking Anda.

Solusi untuk Mobile Banking BCA yang Tidak Bisa Transfer

Bila sudah mengetahui beberapa masalah yang mungkin terjadi, ada baiknya mengetahui juga beberapa solusi yang bisa digunakan. Selain itu, solusi ini menjadi tambahan bagi solusi yang sudah diberikan di bagian sebelumnya.

Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa solusi ini lebih ditekankan untuk masalah yang terjadi di aplikasi. Dengan kata lain, ini semua bukanlah disebabkan oleh masalah yang terjadi di server Bank BCA. Inilah beberapa solusinya.

1. Restart gawai yang Anda gunakan

Cara pertama untuk mengatasi mobile banking BCA tidak bisa transfer adalah dengan cara restart. Cara ini banyak digunakan ketika aplikasi atau sistem yang ada di gawai Anda mengalami error. Ketika melakukan restart, semua proses akan dihentikan dan umumnya keadaan akan kembali seperti semula, layaknya baru saja melakukan reset aplikasi.

Cara ini memang tergolong efektif. Walau demikian, sangat disarankan untuk tidak menjadikan ini sebagai satu-satunya solusi. Terlalu sering melakukan restart secara paksa bisa memberikan masalah lain pada gawai Anda.

2. Mematikan dan menghidupkan mode pesawat

Ketika masalah mobile banking BCA tidak bisa transfer yang terjadi ini terkait dengan jaringan internet Anda, ada baiknya Anda mengatur Mode Pesawat yang ada. Mode Pesawat ini mengatur jaringan yang ada di gawai Anda.

Ketika Mode Pesawat aktif, maka seluruh koneksi akan dihentikan sehingga kartu SIM Anda pun tidak bisa digunakan, walau sekedar untuk telpon dan SMS. Ketika dihidupkan lagi, secara otomatis kartu SIM akan dimuat ulang dan mencari jaringan serta koneksi terbaik. Dengan cara ini, umumnya jaringan internet bisa kembali terhubung.

3. Menghapus Cache dan Data dari Mobile Banking BCA

Ketika Anda menggunakan aplikasi, secara otomatis aplikasi tersebut akan menyimpan beberapa informasi, baik itu berbentuk data ataupun cache. Namun, seringkali masalah yang terjadi di aplikasi terjadi karena adanya data atau cache yang error.

Untuk mengatasinya, Anda bisa masuk ke pengaturan dan pilih menu Pengaturan Aplikasi atau Aplikasi yang Terpasang di gawai Anda. Dari situ, Anda bisa memilih M-Banking BCA. Ketika dipilih, akan muncul beberapa informasi dan di bagian paling bawah ada opsi untuk menghapus cache dan data.

4. Uninstall dan install ulang

Ketika menghapus data serta cache dan kemudian membuka ulang aplikasi tersebut tidaklah menyelesaikan masalah, maka uninstall adalah solusinya. Ketika aplikasi dicopot atau uninstall, semua data akan langsung terhapus.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh kembali aplikasi tersebut dari toko aplikasi resmi di gawai Anda. Cara ini biasanya ampuh untuk mengatasi masalah mobile banking BCA tidak bisa transfer.

Itulah beberapa informasi yang patut Anda ketahui tentang aplikasi M-Banking Anda. Error dan tidak bisanya Anda melakukan transfer bisa saja terjadi karena masalah di aplikasi Anda. Dengan adanya beberapa solusi di atas, pastinya masalah mobile banking BCA tidak bisa transfer tidak lagi menjadi hal yang perlu dikhawatirkan.