Operator, Variabel, dan Tipe Data Borland C++ (Bahasa C)

Operator, Variabel, dan Tipe Data Borland C++ (Bahasa C)

Diposting pada

Terdapat berbagai macam klarifikasi operator pada bahasa C. Baik klasifikasi terhadap bentuk fisik operator tersebut, klasifikasi menurut kegunaan operator, sampai klasifikasi menurut logika operator. Artikel kali ini akan membahas tentang operator yang ada dalam bahasa C, seperti operator aritmatika, operator penurunan dan penaikan, operator logika, serta variabel dan tipe data.

Penjelasan Operator, Variabel, dan Tipe Data Borland C++ (Bahasa C)

1. Operator Aritmatika

Operator aritmatika adalah operator yang digunakan untuk mengerjakan perhitungan matematika. Berikut paparan operator aritmatika yang diurutkan berdasarkan prioritas.

OperatorJenisKeterangan
*BinaryPerkalian
/BinaryPembagian
%BinarySisa Pembagian
+BinaryPenjumlahan
-BinaryPengurangan
+UnaryTanda Plus
-UnaryTanda Minus

Latihan : Kembangkan program diatas untuk menghitung akar-akar persamaan kuadrat.

Baca Juga : Pengenalan dan Elemen Dasar Pemrograman Bahasa C (Borland C++)

2. Operator Penurunan dan Penaikan

Prioritas operator ini berada diatas operator aritmatika. Ketika suatu variabel di formulasikan menggunakan operator tersebut, nilai variabel akan bertambah atau berkurang 1.

Operator penaikan adalah ++, sedangkan operator penurunan adalah –.

3. Operator Logika

Pada penggunaan operator ini, operand-operand akan dikonversi dahulu ke dalam bentuk biner. Operator ini terdiri dari operator & (and), | (or), dan ^ (xor). Berikut tabel kebenaran operator tersebut menggunakan 2 operand.

Op1Op2&|^
11110
10011
01011
00000

4. Variabel dan Tipe Data

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas secara garis besar mengenai penggunaan variabel. Kali ini, kita akan mempelajari sedikit lebih mendalam tentang variabel.

Suatu variabel tidak bisa dilepaskan dari tipe data. Sebelumnya kita telah mempelajari tipe-tipe data yang ada, namun kali ini akan diperjelas sedikit, khususnya untuk tipe data dasar.

TipeUkuran (bit)Keterangan
char8Karakter
int16Bilangan Bulat
float32Bilangan Real
double64Bilangan Real presisi ganda
void0Tak Bertipe

Selain itu, untuk proses input-outpur dengan melibatkan variabel, harus diikut sertakan penentu format dari variabel tersebut.

Kode FormatTipe
%cchar
%sstring
%dinteger decimal
%uunsigned
%xinteger hexadecimal
%ointeger octal
%ffloat
%eexponential
%ppointer

Selain tipe data dasar yang telah dipaparkan diatas, terdapat juga tipe data bentukan. Salah satu yang paling penting dan sering kita gunakan adalah variabel bertipe data string.

Tipe data string merupakan suatu bentukan dari tipe data karakter (string adalah kumpulan karakter-karakter). Proses deklarasinya sama seperti deklarasi karakter, namun memerlukan bantuan berupa index array. Berikut syntax pendeklarasian:

contoh:

Berikut ini suatu program untuk proses input-output variabel bertipe data string.

Itulah informasi tentang operator aritmatika, operator penurunan dan penaikan, operator logika, serta variabel dan tipe data yang dapat dijelaskan. Semoga informasi yang disampaikan dapat membantu Anda memahami apa itu operator, apa itu variabel, dan tipe data apasaja yang ada di pemrograman Borland C++ atau Bahasa C.