Pengenalan dan Elemen Dasar Pemrograman Bahasa C (Borland C++)

Pengenalan dan Elemen Dasar Pemrograman Bahasa C (Borland C++)

Diposting pada

Pada tutorial kali ini Yuporia.com memberikan sedikit informasi tentang pengenalan dasar bahasa C dan elemen dasar pemrograman Borland C++.

Pengenalan Dasar Bahasa C (Borland C++)

Fungsi printf() diatas untuk menampilkan data ke monitor.

Kode-kode diatas adalah contoh kode pemrograman dengan menggunakan bahasa C yang sangat sederhana. Hasil akhir dari program diatas adalah menampilkan sebuah string ‘hello’ ke monitor. Untuk dapat memahami lebih jauh mengenai pemrograman bahasa C, silahkan mempelajari hal-hal berikut.

Elemen Dasar Pemrograman Borland C++

1. Pengenal/Identifier

Identifier adalah nama yang dapat ditentukan sendiri oleh programmer untuk suatu keperluan tertentu. Syarat-syarat suatu pengenal adalah:

  • Panjang minimal 1 karakter, maksimal 32 karakter
  • Tidak mengandung spasi
  • Diawali dengan alphabet atau underscore
  • Tidak menggunakan karakter khusus
  • Huruf besar dan huruf kecil dibedakan

Identifier dapat dipakai sebagai deklarasi variabel, konstanta, fungsi, dan lain-lain.

2. Konstanta

Konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat berubah selama program dijalankan.

3. Variabel

Variabel adalah suatu pengenal yang mengandung nilai bertipe data tertentu, di mana nilai tersebut dapat berubah-ubah selama program dijalankan. Tipe data yang dimaksud adalah:

Tipe DataUkuranRanah Nilai
unsigned char8 bit0 to 255
char8 bit-128 to 127
enum16 bit-32,768 to 32,767
unsigned int16 bit0 to 65,535
short int16 bit-32,768 to 32,767
int16 bit-32,768 to 32,767
unsigned long32 bit0 to 4,294,967,295
long32 bit-2,147,483,648 to 2,147,483,647
float32 bit3.4 E38 to 3.4 E 38
double64 bit1.7 E-308 to 1.7 E 308
long double80 bit3.4 E-4932 to 1.1 E 4932

Tujuan pembagian tipe data diatas bertujuan untuk dapat mengoptimalkan variabel, sehingga dapat melakukan penghematan dalam penggunaan memori.

Selain tipe data dasar, bahasa C juga mengenal berbagai macam tipe data bentukan yang dikembangkan berdasarkan tipe data dasar yang ada. Tipe data bentukan yang diperkenalkan disini adalah tipe data string. String merupakan himpunan dari beberapa karakter. Dalam bahasa C, string tidak didefinisikan sebagai suatu tipe data. Oleh karena itu, programmer harus membentuknya sebagai sebuah tipe data bentukan dari tipe data dasar yang ada yaitu tipe data char. Caranya adalah dengan memberikan index array (yang akan dipelajari berikutnya) pada saat pendeklarasiannya.

4. Pengenalan Fungsi

Fungsi adalah blok dari kode yang dirancang untuk melaksanakan tugas khusus. Fungsi digunakan dalam bahasa C dengan tujuan agar program menjadi lebih terstruktur sehingga mudah dimengerti dan dimodifikasi. Selain itu penggunaan fungsi juga bermanfaat untuk mengulangi pengulangan kode.

Fungsi-fungsi yang sering kita gunakan dalam melakukan pemrograman dengan bahasa C adalah:

a. main()

Fungsi ini sifatnya istimewa, karena fungsi ini digunakan sebagai deklarasi program utama dari keseluruhan program yang kita buat.

b. printf()

Fungsi ini digunakan untuk menampilkan sejumlah data, baik string kontrol maupun argumen-argumen yang menunjang dtring kontrol tersebut.

c. scanf()

Fungsi scanf digunakan untuk melakukan proses input dari keyboard.

Ketika fungsi diatas telah tertera pada contoh-contoh program sebelumnya. Namun selain ketiga fungsi tersebut, masih banyak lagi sungsi-fungsi lain, baik yang telah didefinisikan oleh bahasa C, maupun yang dapat kita buat sendiri.

Demikianlah beberapa informasi tentang pengenalan dasar bahasa C dan elemen dasar pemrograman Borland C++ yang meliputi pengenal/identifier, konstanta, variabel, dan pengenalan fungsi. Semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat bagi Anda.