Pengertian Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit

Diposting pada

Dalam keyakinan Agama Hindu, istilah alam semesta atau alam raya lebih dikenal dengan istilah Bhuwana Agung yang di dalamnya terdapat berjuta-juta binatang, planet-planet, matahari, bulan, dan lainnya. Salah satu planet planet yang paling dekat dan paling penting untuk diketahui adalah planet bumi, karena di planet bumi tempat manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuh hidup, tumbuh, dan berkembang biak.

Menurut para ahli Agama Hindu, yaitu para maharsi yang menceritakan dalam Weda, bahwa alam semesta ini diciptakan oleh Tuhan yang bergelar Brahman. Brahman inilah yang dipandang umat Hindu sebagai Tat Yang Agung dan Yang Maha Mulia. Dari Yang Agung inilah kemudian muncul alam semesta ini dan Beliau pulalah sebagai pelindung dan atas kehendak Beliau alam ini akan mengalami kehancuran atau Pralaya. Adapun tujuan Brahman atau Tuhan menciptakan alam semesta adalah sebagai tempat hidup makhluk hidup terutama manusia, sehingga dapat menikmati kehidupan dalam hidupnya.

Pengertian Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit

Dalam Athara Weda dijelaskan fungsi bumi yang diciptakan oleh Brahman kepada manusia, yaitu:

“Yasyam gayanti niryanti, bhumyam martya vyailabah Yudhyante yasyam a kranda, yasyam vadati dunavbhih, sa no bhumish pra madutain, sapatnan asapnan ma prithi krnotu.”

(Atharwa Weda XII.I.91)

Artinya:

Semoga bumi-bumi tempat manusia bernyanyi, tempat manusia bertarung di medan laga, dan tempat manusia jeritan yang sambung-menyambung, yang diiringi suara genderang, semoga ia mengalahkan musuh kami dan membebaskan kami dari ancaman musuh.

Pengertian Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit

1. Bhuwana Agung

Bhuwana Agung terdiri atas dua kata, yaitu kata “Bhuwana” yang artinya dunia, alam, loka, dan jagat dan kata “Agung” berarti besar atau raya. Jadi dari penggabungan kata-kata tersebut Bhuwana Agung berarti dunia yang besar atau lebih dikenal dengan sebutan alam semesta. Nama lain dari alam semesta adalah Makrokosmos. Dalam ajaran Agama Hindu, Bhuwana Agung atau alam semesta terdiri atas beberapa unsur. Unsur-unsur tersebut dalam istilah Agama Hindu disebut Panca Maha Bhuta, yaitu lima unsur zat alam yang terdiri atas.

  • Pertiwi, yaitu zat padat.
  • Apah, yaitu zat cair.
  • Teja, yaitu zat sinar atau cahaya.
  • Bayu, yaitu udara atau gasyang ada di sekitar manusia.
  • Akasa, yaitu Ether atau ruang.

2. Bhuwana Alit

Bhuwana Alit adalah dunia kecil yang unsur-unsurnya sama dengan Bhuwana Agung. Bhuwana Alit sama dengan diri manusia. Bhuwana Alit disebut juga dengan Mikrokosmos.

Unsur-unsur Bhuwana Alit pada diri manusia terdiri atas unsur Purusa menjadi Jiwatma, sedangkan unsur Prakerti menjadi badan manusia, baik itu badan halus atau suksma sarira maupun badan kasar atau stula sarira.