Pentingnya Melakukan Doa Pengakuan Dosa Kristen dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Manusia tentu tidak luput dari perbuatan dosa. Karena hal ini, Anda perlu menyampaikan doa pengakuan dosa Kristen untuk mendapatkan pengampunan. Mari baca artikel berikut untuk doa pengakuan yang baik.

Doa pengakuan dosa Kristen adalah hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan menjadi umat. Dalam Alkitab, Anda pasti sudah tahu bahwa manusia pastinya tidak luput dari dosa. Tapi disisi lain, Tuhan Yesus telah menebus dosa manusia di kayu salib. Jika manusia tidak ingin kembali jatuh kegelapan sebelum Dia datang kembali, tentunya manusia perlu mencari pengampunan.

Pentingnya Melakukan Doa Pengakuan Dosa Kristen dengan Baik dan Benar

Mengapa Perlu Doa Pengakuan Dosa Kristen?

Pengampunan dosa dalam Kristen hanya dapat diberikan jika Anda secara ikhlas mengaku akan perbuatan ini pada Allah. Untuk penyampaiannya, maka doa pengakuan dosa Kristen menjadi sangat penting.

Dalam melakukan doa pengakuan, biasanya Anda menyampaikannya saat beribadah bersama umat lainnya di gereja. Tentu doa ini bisa Anda lakukan sendiri sebagai komunikasi pribadi kepada-Nya. Selama Anda tulus menyesali dosa dan perbuatan salah Anda, tentunya Tuhan pasti mendengarkan dan akan menimbang doa Anda. Jika doa pengakuan Anda tulus, tentunya Tuhan tidak akan keberatan mengampuni dan membersihkan dosa Anda. Hal ini tentu baik jika Anda ingin bergabung bersama-Nya saat hari yang dijanjikan tiba.

Persyaratan Pengampunan Dosa dengan Doa Pengakuan Dosa Kristen

Tuhan tentunya senantiasa membuka pintu hatinya untuk mengampuni dosa manusia. Namun ada dua syarat yang harus dipenuhi manusia agar dosanya dapat diampuni. Syarat ini adalah mengakui kesalahan yang ia perbuat dan mengampuni kesalahan orang lain. Selama manusia mau mengakui bahwa ia salah dan saling mengampuni satu sama lain, jalan keselamatan akan dibuka lebar oleh Tuhan.

Basis pertobatan atas pengakuan kesalahan demi keselamatan ini sudah jelas tertera pada Matius 4:17. Dalam melakukan pertobatan, selain dengan pengakuan, Anda juga perlu mengubah sikap Anda. Penyesalan, pengakuan dan perubahan sikap sebetulnya sudah menjadi dasar mencari ampunan Tuhan sejak dicantumkan pada Firman-Nya di Roma 12:1-2.

Untuk persyaratan saling mengampuni, Anda bisa mencari referensi hal ini dalam Matius 6:14-15. Jika manusia tidak mengampuni sesamanya, dunia akan dipenuhi kebencian dan spiral dendam yang tidak sejalan dengan kehendak Tuhan. Dalam Matius 18: 21-22 dan Markus 11:25, Anda bisa temukan referensi bahwa manusia tidak boleh membatasi diri dalam mengampuni orang lain. Dalam Lukas 17: 3-4, bahkan dinyatakan bahwa mengampuni orang lain bukalah keharusan, tapi bagi umat yang ingin bertobat, hal ini sifatnya wajib.

Contoh Doa Pengakuan Dosa Kristen

Jika Anda ingin melalukan doa pengakuan dosa Kristen dengan benar, tapi tidak ada ide rangkaian kata – kata yang digunakan. Berikut adalah contoh doa yang bisa Anda gunakan untuk hal ini:

Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Sorga, pada kesempatan ini kami datang ke hadapanMu untuk mengakui segala kesalahan yang telah kami perbuat baik dalam pikiran, perkataan, perbuatan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Sering kami berusaha menutupi dosa yang telah kami perbuat dihadapan sesama dan juga dihadapanMu. Kami tahu ya Bapa, Engkau adalah Allah yang Maha tahu. Apapun yang kami lakukan untuk menutupi dosa kami tentunya tidak akan berarti dihadapanMu.

Engkau adalah Allah yang Maha Pengasih, namun kami kerap kali tidak mengindahkanMu. Ketika Engkau memanggil kami, kami sering tidak mendengar karena terhalang oleh dosa kami sendiri.

Karena kesibukan kami, kami juga sering lupa tentang penyertaanMu dalam kehidupan kami. Kami terlalu egois dan terkadang mengambil jalan yang salah di hadapanMu. Kami sering merasa lebih benar, iri hati, berprasangka buruk dan bahkan melukai hati orang lain.

Oleh sebab itu Bapa, kiranya Engakau sudi mengampuni dosa dan kesalahan kami. Hapuskanlah noda dosa kami, ya Allah. Ubahlah hidup kami menjadi lebih baik. Inilah doa yang kami panjatkan yang kami alaskan dalam satu nama Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

Sekian bahasan tentang doa pengakuan dosa Kristen. Mudah – mudahan bahasan di atas dapat membantu Anda untuk mencari pengampunan dari Allah.