Pentingnya Memanjatkan Doa Menghadapi Masalah Kristen

Diposting pada

Anda tentu pernah mengalami masalah yang berat. Dalam menghadapi masalah ini, ada baiknya memanjatkan doa menghadapi masalah Kristen. Jika ingin tahu seberapa penting memanjatkan doa ini, mari baca artikel berikut!

Dalam menghadapi masalah berat, umat tentu selalu menganjurkan doa menghadapi masalah Kristen. Doa ini bukanlah ucapan yang fix, Anda bisa rangkai kata – kata sendiri saat mengucapkannya. Tapi di dalam doa ini, selalu mengedepankan percakapan tulus minta bantuan pada Allah. Jika Anda ingin tahu seberapa pentingnya melakukan doa ini dalam menghadapi masalah berat, mari bahas bersama dalam artikel ini.

Pentingnya Memanjatkan Doa Menghadapi Masalah Kristen

Untuk Apa Doa Menghadapi Masalah Kristen Itu?

Doa menghadapi masalah dalam Kristen adalah sebuah ungkapan pasrah dan minta arahan pada Tuhan Yesus. Tentu masalah yang muncul ini biasa muncul karena banyak alasan. Bisa saja ini merupakan tes dari Allah ataupun perbuatan roh jahat yang ingin menyesatkan Anda.

Doa adalah alat komunikasi hati antara umat dengan Allah. Koneksi yang sakral ini tentunya bisa jadi peningkat moral saat dihadapkan dengan masalah. Menggunakan kepercayaan dan moral tinggi, manusia tentu menjadi tidak takut dan bisa menghadapi masalah tersebut dengan pikiran yang terbuka. Ketenangan hati dan pikiran terkadang diperlukan dalam mencari jalan untuk keluar dari masalah.

Doa ini juga bisa dijawab langsung oleh Allah dalam bentuk mukjizat. Banyak orang telah bersaksi bahwa hal seperti keberuntungan bisa tiba – tiba datang saat adalah kesusahan. Keberuntungan ini bisa saja dari interaksi dengan orang lain ataupun hal yang tidak diduga lainnya. Selalu percayalah pada Allah, maka doa Anda pasti akan dijawab.

Tahapan Doa Menghadapi Masalah Kristen yang Biasa Anda Lakukan

Doa adalah salah satu bagian yang penting dalam menyelesaikan masalah, tapi Tuhan tidak akan membantu jika Anda tidak menunjukkan kesungguhan dan kekuatan iman dalam menghadapi hal ini. Dalam Kristen, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk merasakan bantuan dari Tuhan.

Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Tahapan pertama yang perlu Anda lakukan saat menghadapi masalah adalah berusaha mendekatkan diri pada Tuhan. Cara yang bisa dilakukan untuk hal ini tentu bermacam – macam. Mulai dari rutin datang ke gereja, melakukan ziarah, konsultasi dengan Pendeta, puasa dan bahkan menyisihkan waktu khusus untuk berdoa pada-Nya.

Syukuri Apa yang Anda Dapatkan

Walaupun Anda sedang dalam masalah, selalu syukuri apa yang Anda dapatkan saat itu. Hal seperti kemampuan untuk beristirahat, kebebasan untuk berdoa, kekuatan iman untuk tetap percaya dan masih banyak hal lain bisa jadi sumber rasa syukur. Jika Anda menyadari bahwa masih banyak aspek dalam hidup yang bisa Anda syukuri, tentunya Anda akan lebih tenang dalam menghadapi masalah.

Berdoa Khusus 

Tahapan yang ini adalah kesempatan di mana Anda menyampaikan khusus doa menghadapi masalah Kristen. Doa ini bisa Anda susun ke dalam teks dengan rangkaian kata – kata tertentu. Setiap malam sebelum tidur dan pagi saat bangun, Anda bisa ulangi kata – kata dalam teks tersebut sambil berdoa memohon arahan dan bantuan dalam menghadapi masalah.

Berusaha Menyelesaikan Masalah

Setelah mendapatkan kekuatan iman dan rasa pasrah yang menenangkan secara iman, berikutnya Anda perlu berusaha dengan baik menyelesaikan masalah tersebut. Doa tanpa usaha adalah hal yang kurang lengkap. Tentu Tuhan masih akan mengulurkan bantuan pada Anda dari doa permohonan yang Anda sampaikan. Tapi usaha yang Anda lakukan adalah bentuk kesungguhan bahwa Anda percaya bahwa usaha ini memiliki dorongan tersendiri dari Tuhan. Usaha yang disertai doa biasanya juga lebih efektif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi manusia.

Sekian bahasan tentang doa menghadapi masalah Kristen. Mudah – mudahan hal ini dapat mengarahkan Anda ke jalan iman yang kuat saat menghadapi masalah yang berat. Semoga Tuhan memberkati semua usaha Anda dan semoga masalah Anda cepat terselesaikan.