Tata cara Berwudhu dan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Yang Baik dan Benar

Diposting pada

Salah satu syarat syahnya solat adalah berwudu, maka dari itu kita harus mengetahui tatacara berwudhu dan doa sesudah dan sebelum wudhu yang baik dan benar.

Wudhu adalah syarat wajib diterimanya solat, maka dari itu selain harus memperhatikan solat kita, kita juga harus memperhatikan wudhu kita. Tentang wudhu Allah mnejelaskannya dalam surah Al Maidah ayat 6. Dengan memahami ayat tersebut sudah jelas seberapa pentingnya wudhu sebelum melaksanakan solat.dan seberapa pentinya tatacara berwudhu dan doa sesudah dan sebelum wudhu.

Tata cara Berwudhu dan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Yang Baik dan Benar

Doa Sebelum dan Sesudah Berwudhu

Doa ini wajib anda baca sesudah dan sebelum berwudu. Doa sebelum berwudu biasa disebut sebagai niat wudhu.Tentunya sebelum berwudhu kita diharuskan untuk berniat terlebih dahulu. Niat dalam berwudhu ini diartikan sebagai kesungguhan hati untuk berwudhu karena melaksanakan perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran dari Rasulullah SAW.

1. Niat Wudhu

“Nawaitul wudhu a liraf’il hada tsil ashghari fardhal lillaahi ta’aala.”

Artinya:

Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah Ta’ala .

2. Doa Setelah Wudhu

Dan untuk doa setelah berwudu adalah :

”Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu. Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin .”

Artinya:

Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah Yang Esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad SAW adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.

Cara Berwudhu

Cara terbaik dalam melaksanakan perintah Allah adalah sesuai dengan yang dilaksankan oleh Rasulullah. Untuk perintah berwudu yang ada dalam firman Allah pada surah Al Maidah maka kita sudah seharusnya melaksanakan wudhu ini sesuai dengan yang dilaksankan rasulullah.Berikut langkah langkah berwudu :

  • Pertama- tama anda perlu membaca niat wudhu seperti niat di atas yang bersamaan dengan membaca niat wudhu anda bisa membasuh tangan anda.
  • Dilanjutkan dengan memasukan air kedalam mulut (berkumur) sebanyak tiga kali. Berkumur dengan memasukan air dalam mulut dan mengeluarkannya serta membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang ada pada gigi.
  • Mencuci hidung, anda bisa memasukan air ke dalam hidung dan mengeluarkan air tersebut. Ini bertujuan untuk membersihkan hidung dari kotoran, dilakukan sebanyak 3 kali.
  • Mencuci wajah, dengan membayurkan air ke wajah, pastika seluruh wajah terkena bayuran air. Mencuci wajah ini dilakukan sebanyak 3 kali.
  • Mencuci kedua tangan, dengan cara mengguyurkan air dari siku menuhu telapak tangan sebanyak tiga kali, dilakukan oleh tangan kanan terlebih dahulu.
  • Membasuh kepala dan telinga, membasuh dilakukan sebanyak 3 kali, untuk bagian telingan, basuh bagian kanan terlebih dahulu, pastikan telngia sudah terbasuh dan kotoran di daun telinga sudah hilang.
  • Membasuh kedua kaki, dengan memulai kaki kanan terlebih dahulu, membasuh hingga atas mata kaki. Seperti cara sebelumnya membasuh kaki sebanyak 3 kali. Gosok bagian jari jari kaki sampai pada telapak kaki.
  • Membaca doa wudhu seperti doa di atas.

Demikian artikel tentang tatacara berwudhu dan doa sesudah dan sebelum wudhu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.