Tips dan Cara Ganti PIN ATM BCA Aman dan Mudah

Diposting pada

PIN ATM adalah satu-satunya keamanan dan cara nasabah untuk mengakses dan melakukan transaksi dari rekeningnya. Untuk menjaga keamanannya, lakukan tips dan cara ganti PIN ATM BCA berikut ini.

Para nasabah bank BCA Anda harus tahu bagaimana cara ganti PIN ATM BCA untuk tetap menjaga keamanan akun rekening Anda. Perkembangan dan kemajuan teknologi membuat kejahatan digital juga bisa mengancam pada nasabah pengguna layanan perbankan.

Orang-orang atau oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih untuk melakukan kejahatan perbankan. Sudah banyak nasabah yang menjadi korban penipuan ataupun kejahatan perbankan ini.

Modus yang digunakan pun beragam, mukai dari menggunakan sms spam hingga memasang kamera di ATM untuk mengetahui PIN ATM nasabah. Dengan begitu, oknum-oknum tak bertanggung jawab ini akan mendapatkan PIN ATM Anda sehingga bisa dengan mudah mengakses akun rekening bank Anda. Jika sudah begitu, saldo Anda pun akan diambil bahkan hingga tak bersisa.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, melakukan penggantian PIN ATM secara berkala bisa menjadi salah satu solusi. Hal ini jugalah yang diterapkan oleh Bank BCA kepada nasabahnya. Anda sebagai nasabah Bank BCA harus tahu bagaimana cara ganti PIN ATM BCA untuk membuat rekening Anda tetap aman.

Sebelum menerapkan cara ganti PIN ATM BCA milik Anda, hal utama yang harus Anda perhatikan tentu saja Anda harus sudah memiliki akun rekening di Bank BCA terlebih dahulu. Jika belum pun Anda bisa membuat rekeninh baru tanpa harus datang dan mengantre di bank, karena kini Anda bisa membuka akun rekening baru secara online.

Tips dan Cara Ganti PIN ATM BCA Aman dan Mudah

Tips Mengganti PIN ATM BCA

Selain mengetahui cara ganti PIN ATM BCA, Anda juga harus tahu beberapa tips yang berhubungan dengan penggantian PIN ATM ini. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan untuk menjamin keamanan akun rekening dan pastinya saldo yang ada di dalamnya. Berikut beberapa tips yang mungkin sangat berguna untuk Anda.

1. Ganti PIN ATM Secara Berkala

Tips pertama yang harus Anda terapkan untuk menjaga keamanan akun rekening Anda adalah Anda harus melakukan penggantian PIN ATM secara berkala. Untuk durasinya bisa Anda lakukan setiap enam bulan sekali.

Penggantian PIN ATM secara berkala ini akan menjamin akun Anda kalau-kalau diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan melakukan penggantian berkala akan sulit untuk meretas akun rekening tersebut. Penggantian PIN ATM secara berkala ini bahkan juga direkomendasikan oleh setiap bank atau lembaga perbankan, tidak hanya BCA.

2. Catat PIN ATM Setiap Kali Mengganti PIN

Proses penggantian PIN secara berkala setiap 6 bulan sekali tentu akan membuat nasabah terkadang merasa bingung. Tak jarang ketika setelah mengganti PIN ATM nasabah jadi lupa dan tak jarang salah memasukkan PIN. Jika sudah demikian, akan sangat merepotkan karena Anda harus ke bank untuk melakukan prosedur penggantian PIN ulang.

Karena itu, untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan Anda selalu mencatat di buku catatan atau di ponsel Anda setiap kali selesai melakukan prosedur penggantian PIN ATM. Hal ini bertujuan untuk mencegah jikalau nantinya Anda lupa PIN baru yang Anda buat. Simpan baik-baik catatan tersebut agar tidak diketahui orang lain.

3. Jangan Gunakan Nomor yang Mudah untuk PIN ATM

Tujuan melakukan penggantian PIN ATM secara berkala adalah agar PIN Anda tidak mudah diketahui orang lain. Namun akan sangat percuma jika setelah melakukan cara ganti PIN ATM BCA ini Anda masih menggunakan kombinasi PIN yang mudah ditebak.

Beberapa orang memang sering menggunakan PIN ATM dengan kombinasi angka yang mudah diingat karena beberapa alasan. Kombinasi angka seperti tanggal ulang tahun, nomor hp, tanggal menikah atau sejenisnya ini adalah kombinasi angka yang mudah ditebak.

Oleh karena itu, untuk mencegah agar tidak ada orang yang tahu atau bisa menebak kombinasi PIN ATM Anda dengan mudah, jangan pernah menggunakan kombinasi angka ini. Jangan gunakan kombinasi angka dari ulang tahun, tanggal jadian, tanggal menikah atau kombinasi angka mudah lainnya. Ini akan membantu agar PIN tidak mudah ditebak. Karena ini juga Anda harus mencatat setiap selesai mengganti PIN.

4. Pilih ATM yang Ada di Kawasan Ramai

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan berhubungan dengan penggantian PIN ATM adalah gunakan ATM yang berada di area yang ramai. ATM yang berada di tempat sepi cenderung lebih tinggi untuk terjadi tindak kejahatan. Yang paling penting adalah selalu waspada setiap kali Anda melakukan transaksi di ATM.

Cara Ganti PIN ATM BCA Mudah dan Aman

Setelah mengetahui tips-tips aman mengganti PIN ATM serta bertransaksi menggunakan ATM BCA Anda, selanjutnya Anda juga harus tahu cara ganti PIN ATM BCA yang aman dan mudah. Penggantian PIN ATM ini bisa Anda lakukan melalui mesin ATM atau melalui layanan m-banking. Berikut adalah cara mengganti melalui ATM.

1. Masukkan Kartu ATM dan PIN ATM

Langkah pertama cara ganti PIN ATM BCA adalah masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM. Langkah ini sama seperti ketika Anda melakukan transaksi melalui ATM lainnya. Setelah memasukkan kartu ATM ke mesin ATM jangan lupa juga masukkan 6 digit PIN ATM Anda untuk bisa mengakses menu utama.

Setelah masuk, Anda akan melihat tampilan menu utama. Dari menu utama ini, pilih pada menu ‘Transaksi Lain’ untuk melakukan transaksi lain termasuk mengganti PIN ATM Anda.

2. Pilih Menu ‘Ganti PIN’

Setelah masuk ke menu ‘Transaksi Lain’ akan ada menu lain yang ditampilkan. Di dalam sub menu Transaksi Lain ini, langkah selanjutnya dari cara ganti PIN ATM BCA adalah pilih menu ‘Ganti PIN’.

3. Masukkan PIN ATM Lama dan Masukkan PIN Baru

Setelah masuk ke menu ‘PIN’ selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang Anda gunakan saat ini. Pastikan Anda tidak salah dalam memasukkan PIN Anda karena proses penggantian PIN tidak akan berhasil jika Anda salah memasukkan PIN.

Setelah memasukkan PIN yang Anda gunakan saat ini, langkah terakhir cara ganti PIN ATM BCA Anda adalah dengan memasukkan PIN baru Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika membuat PIN baru untuk ATM Anda, jangan memilih kombinasi angka yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, tanggal menikah, nomor ktp, nomor hp atau nomor lain yang mudah ditebak.

Setelah memasukkan PIN baru, Anda akan akan diminta memasukkan lagi PIN baru yang baru saja Anda buat tadi. Langkah ini bertujuan untuk mengonfirmasi PIN baru yang baru Anda buat sebelumnya.

Setelah memasukkan lagi PIN baru Anda, maka setelah itu akan muncul pemberitahuan di layar bahwa PIN ATM sudah diganti dan prosesnya berhasil. Sebelum ada pemberitahuan ini Anda harus menunggu sampai pemberitahuan tersebut muncul. Jika sudah, maka langkah mengganti PIN ATM BCA Anda sudah sukses. Jangan lupa untuk mencatat PIN baru Anda.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang prosedur dan cara ganti PIN ATM BCA yang aman dan mudah. Dengan melakukan tips dan cara di atas, Anda bisa menjaga keamanan akun rekening Anda agar tidak mudah dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.